Mengerikan Situasi Saat Banjir Bandang Melanda Desa Semumu Kerinci, 50 Rumah Warga Terendam Banjir

Mengerikan Situasi Saat Banjir Bandang Melanda Desa Semumu Kerinci, 50 Rumah Warga Terendam Banjir

Mengerikan Situasi Saat Banjir Bandang Melanda Desa Semumu Kerinci, 50 Rumah Terendam Banjir-Dewi Wilona-JambiTV

Jambitv.co, Kerinci Suasana hujan deras yang terjadi pada Rabu sore, 24 April 2024 disertai dengan luapan air banjir bandang yang langung mengarah ke pemukiman warga. Derasnya air yang mengalir membuat suasana sempat mencekam dan membuat warga setempat ketakutan.

Banjir bandang dengan aliran air yang deras ini melintasi Desa Semumu, Kecamatan Depati Tujuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Air bercampur lumpur membuat sekitar 50 rumah warga yang berada di bantaran sungai tersebut terendam banjir.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir bandang ini, namun 1 unit sepeda motor dan barang-barang di dalam rumah milik warga rusak dan tidak bisa diselamatkan. 

BACA JUGA:Pasca Bencana Banjir, Sejumlah Titik Jalan Alami Kerusakan Parah

Derasnya arus  banjir yang mengalir hingga ke jalan nasional ini sempat membuat arus lalulintas di lokasi banjir tersebut tidak bisa dilintasi dan membuat kemacetan. Walaupun banjir telah surut dan beberapa warga mulai membersihkan material lumpur, namun hingga saat ini sejumlah rumah warga masih terendam lumpur. 

“Kira-kira pukul 06.30 sore saat waktu magrib, Desa Semumu dilanda banjir bandang yang ini luar biasa tidak pernah terjadi seperti ini. Memang sebelumnya pernah terjadi banjir, tetapi tidak seperti sore hari ini. Debit air yang datang dari arah bukit itu menerjang Desa Semumu secara tiba-tiba. Lebih kurang selama 1 jam terjadi banjir bandang, kemudian air melintas saja. Namun ada banyak rumah warga yang kemasukan air banjir bandang tersebut, sehingga barang-barang banyak tidak terselamatkan,” tutur Muharta, warga Desa Semumu.

BACA JUGA:Dampak Banjir, Ribuan Warga Muaro Jambi Terserang Penyakit

Untuk mengatur arus lalulintas di lokasi banjir, pihak kepolisian dari Polres Kerinci disiagakan di lokasi banjir. Banjir bandang yang melanda Desa Semumu kali ini merupakan yang terbesar. Warga berharap ada solusi dari Pemerintah Daerah agar  banjir serupa dapat diantisipasi dan diatasi. 

“Dapat kami laporkan bahwa telah terjadi banjir bandang di desa Semumu kecamatan Depati 7, saat ini jalan sudah bisa dilewati. Namun banyak masyarakat yang terdampak banjir bandang tersebut,” pungkas AKP Yudistira, Kabag SDM Polres Kerinci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id