Rahmat Trianto Putra Jambi Lolos Menjadi Anggota DPR RI dari Dapil II Kalimantan Selatan

Rahmat Trianto Putra Jambi Lolos Menjadi Anggota DPR RI dari Dapil II Kalimantan Selatan

Rahmat Trianto Putra Jambi Lolos Menjadi Anggota DPR RI dari Dapil II Kalimantan Selatan-Ade Putra-Jambi TV

NUSANTARA – Satu lagi putra kelahiran Jambi yang berhasil menggapai kesuksesannya di negeri perantauan. Dia adalah Rahmat Trianto, politisi Partai Nasdem yang berhasil merebut satu kursi di DPR RI, lewat Pemilu di Dapil II Kalimantan Selatan.

Rahmat Trianto dipastikan lolos ke senayan setelah selesainya Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Terbuka tingkat provinsi KPU Kalimantan Selatan pada Rabu, 6 Maret 2024. Putra kelahiran Jambi tahun 1979, ini mendapatkan suara Sah sebanyak 127.564 suara mewakili Partai Nasional Demokrat (Nasdem). 

Terdapat lima nama caleg yang terpilih dari Dapil Kalimantan Selatan 2. Kelima nama caleg yang terpilih dari Dapil Kalimantan Selatan 2 mendapatkan perolehan suara cukup signifikan. Caleg pertama dari Partai Amanat Nasional (PAN) Endang Agustina menempati perolehan suara terbanyak yakni 278.007 suara.

Posisinya kedua politisi Paftai Golkar, Hasnuryadi Sulaiman dengan perolehan 167.627 suara. Diposisi ketiga caleg Partai Gerindra Mariana dengan perolehan 134.747 suara. Kemudian H Rahmat Trianto dari Partai Nasdem dengan perolehan 127.564 suara.

BACA JUGA:Pastikan 1 Kursi di DPR RI, Ini Selisih Suara Fasha dan Hasbi

Mantan Komandan Distrik Militer (Dandim) Tanah Bumbu itu memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal itu mengingat selama berkarier di kemiliteran, banyak sumbangsihnya di masyarakat. Tak pelak jika namanya masih dikenang masyarakat Kalsel.

Data tersebut berdasarkan jumlah suara dari 6.092 TPS (100 persen) serta rekapitulasi suara (Model D. Hasil Kecamatan-DPR) dari 55 kecamatan dan rekapitulasi suara (Model D. Hasil Kabupaten/Kota-DPR) dari 5 kabupaten/kota.

Dapil Kalsel II sendiri yang merupakan “Dapil Neraka” meliputi, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Kotabaru, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin. 

Menurut Rahmat, kepercayaan yang diperoleh merupakan amanat rakyat dari Kalimantan Selatan.

“Tentu saya bersyukur, dan amanah ini harus saya jaga dengan baik, agar aspirasi masyarakat dapat disalurkan di DPR RI,” kata Rahmat, putra alm H Ngadiran Dianto dan Hj Rohani ini.

BACA JUGA:Partai Gerindra Tolak Hasil Rekapitulasi Kecamatan Alam Barajo pada Pleno Kota Jambi

Mantan Purna Paskibraka nasional Tahun 1997 ini mengatakan, selain untuk masyarakat Kalsel, perjuangan akan dilakukan untuk masyarakat sebagai tanah tempat kelahiran.

Anggota KPU kalsel, Fahmi Failasopa mengatakan, sejak Senin 4 Maret 2024, sudah ada delapan kabupaten/kota yang merampungkan pleno dan mengirim lampiran tipe D hasil Pemilu 2024 ke KPU Kalsel.

“Yang sudah pleno adalah Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Tapin, Barito Kuala, dan Banjarbaru,” kata, Fahmi Failasopa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id