10 Manfaat Utama Implementasi CRM bagi Layanan Pelanggan

Apa itu CRM?--
JAMBI, JAMBITV.CO - Bisnis selalu berjalan dengan kompetitif, terutama dalam pelayanan pelanggan. Hal tersebut menjadi salah satu elemen kunci dalam mempertahankan loyalitas dan memenangkan pasar.
Di samping itu, bisnis perlu menyimpan data pelanggan, memahami dan memahami mereka, memastikan kebutuhan pelanggan direspon dengan baik. Implementasi CRM menjadi salah satu solusi yang ramai ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu CRM, dan apa manfaat utama dari implementasinya.
Apa Itu CRM?
CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management, yaitu pendekatan strategis yang digunakan untuk mengelola hubungan dan interaksi dengan pelanggan. Sistem CRM dirancang untuk membantu bisnis menyimpan data pelanggan secara terpusat, melacak interaksi, dan mengelola proses komunikasi di berbagai saluran secara efisien.
Berbeda dengan dulu, dimana CRM membutuhkan server yang kompleks, saat ini sudah banyak penyedia platform CRM dengan basis cloud. Hanya dengan membayar biaya langganan per bulannya, bisnis sudah bisa mengelola data pelanggan kapanpun dan dimanapun. Dengan kemudahan tersebut, bukan hal yang mustahil bagi bisnis untuk memberikan pelayanan yang responsif dan relevan.
Meski penggunaannya lebih sering dikaitkan kepada tim penjualan dan pemasaran, bukan hal yang mustahil untuk menerapkan CRM guna meningkatkan kualitas layanan pelanggan.
Mengapa CRM dibutuhkan untuk customer service?
Di era digital ini, pelanggan lebih sering menggunakan saluran komunikasi favorit mereka, seperti WhatsApp, email, dan live chat, untuk menghubungi bisnis. Alasannya, karena pelanggan modern sudah familiar dengan platform-platform populer tersebut.
Namun, dengan banyaknya platform akan terasa merepotkan jika bisnis harus mengelolanya satu persatu. Dengan menggunakan sistem CRM yang solid, tim customer service tidak akan kesulitan dalam melacak riwayat interaksi, memahami konteks percakapan, dan memberikan solusi dengan tepat waktu.
Implementasi CRM juga memungkinkan integrasi dengan API, seperti Whatsapp Business atau Facebook Messenger. Dengan integrasi tersebut, CRM dapat menyatukan berbagai saluran komunikasi dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
Peran implementasi CRM dalam meningkatkan kepuasan pelanggan
CRM bisa menjadi lebih dari sekedar alat bantu administratif. Bisnis dapat meningkatkan pelayanan dan membuat pelanggan merasa didengar, dipahami, dan dilayani dengan baik. Dengan sistem yang terintegrasi, bisnis dapat:
- memberikan layanan yang relevan dengan cepat,
- mempersonalisasi interaksi berdasarkan preferensi dan riwayat pelanggan,
- mengurangi miskomunikasi antar tim dengan informasi yang terpusat,
- memantau dan menganalisa pola masalah pelanggan untuk perbaikan berkelanjutan.
10 Manfaat Utama Implementasi CRM
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: