Ribuan Koperasi di Jambi Tidak Aktif Lagi

Ribuan Koperasi di Jambi Tidak Aktif Lagi

Ketua Dekopinwil Provinsi Jambi, Faizal Riza-Nur Pehatul Jannah-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, Jambi - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Koperasi dan UMKM bersama Dekopinwil Jambi, menggelar perayaan Hari Koperasi Nasional ke 76 tahun. 

Hanya saja di usia matang koperasi ini, di Jambi masih terdapat ribuan koperasi yang berstatus tidak aktif. 

Berdasarkan data saat ini, Provinsi Jambi memiliki 4.097 unit koperasi, dan hanya 1.800 koperasi yang berstatus aktif, sementara sisanya mencapai 2000 lebih koperasi  berstatus tidak aktif. 

Ketua Dekopinwil Provinsi Jambi Faizal Riza mengatakan, tidak aktifnya koperasi karena ketidaktahuan dan ketidakpahaman anggota terkait struktur koperasi, sehingga tidak adanya rapat anggota tahunan yang dilakukan. 

“Selain itu, tidak aktifnya koperasi juga disinyalir dari adanya oknum yang mendirikan koperasi hanya untuk mendapatkan keuntungan,  seperti mendapatkan proyek, atau pengadaan bantuan. Sehingga setelah mendapat proyek atau bantuan,  koperasi tidak lagi  diaktifkan.” kata Faizal Riza.

Untuk meminimalisir jumlah koperasi tidak aktif, Dekopinwil bersama Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi, akan memfasilitasi pengembangan sumber daya manusia. Agar pelaku di bidang koperasi dapat memahami cara mengelola dan menjalankan koperasi dengan baik dan benar. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: