Terlibat Korupsi Dana Desa Pagar Puding Lamo, Seorang Dosen IAI Tebo Ditangkap Polisi

Terlibat Korupsi Dana Desa Pagar Puding Lamo, Seorang Dosen IAI Tebo Ditangkap Polisi

Terlibat Korupsi Dana Desa Pagar Puding Lamo, Dosen IAI Tebo Zainudin Ditangkap Polisi-arif-Jambitv

Jambitv.co, Tebo - Polres Tebo menangkap Dosen IAI Tebo atas nama Zainudin karena menyalagunakan Penggunaan Dana Desa atau DD Desa Pagar Puding Lamo Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo Tahun Anggaran 2020 dan 2021. 

Zainudin mengaku, dia menerima uang dari Dana Desa, karena memberikan pelatihan ke masyarakat, dengan pembayaran dua tahap.

“Saya cuma menerima duit untuk melaksanakan pekerjaan itu di pelatihan 35 juta, dengan ada beberapa kegiatan rrp 40 juta, ada pelatihan (yang dilatih masyarkat),” Kata Zainudin Tersangka.

BACA JUGA:Buat Laporan Fiktif Dana Desa, Kades Siulak Kecil Hilir Atri Arga Diganjar Penjara 4 Tahun

Sementara itu, Waka Polres Tebo Kompol Dhadhag mengatakan, Kepala Desa Pagar Puding Lamo pada saat itu Sopwan, bekerja sama dengan tersangka dalam mengelola Dana Desa tahun 2020. Dengan anggaran Rp 1,2 Miliar lebih, dan Dana Desa Tahun 2021 Rp 1,2 Miliar. 

Penunjukkan Dosen IAI ini dalam mengelola Dana Desa hanya secara lisan saja. Dan ditemukan 4 kegiatan dilakukan secara fiktif, hingga menimbulkan kerugian ratusan juta rupiah.

Dari kegiatan fiktif tersebut, beradasarkan audit BPKP Perwakilan Jambi dan PKKN. Ditemukan penyimpangan dan kerugian negara sekitar Rp 576 Juta 422 Ribu lebih. 

BACA JUGA:Dana Desa Dikorupsi, Kejari Tahan Budiono Mantan Kades Mekar Sari Makmur

Sedangkan untuk Kades Sopwan sudah lebih dulu di sidang dan diputus bersalah. Dengan hukuman 4 tahun penjara dan denda Rp 100 Juta. Jika tidak dibayarkan diganti dengan kurungan 2 bulan penjara.

“Kemudian dalam perkara tersebut SP selaku kepala desa pagar puding lamo telah menjalani persidangan dan telah ada putusan pn jambi pada tanggal 25 maret 2024,” Ungkap Kompol Dhadhag Waka Polres Tebo.

BACA JUGA:Kejari Tetapkan Mantan Kades Bernai Jadi Tersangka Penyimpangan Dana Desa dan Langsung Ditahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv