Tersendat Laporan 2023, 2 Desa Di Sarolangun Belum Ajukan Pencairan Dana Desa

 Tersendat Laporan 2023, 2 Desa Di Sarolangun Belum Ajukan Pencairan Dana Desa

Tersendat Laporan 2023, 2 Desa Di Sarolangun Belum Ajukan Pencairan Dana Desa-Surya Abadi-Jambitv.co

Jambitv.co, Sarolangun - 2 desa di Kabupaten Sarolangun belum mengajukan pencairan dana desa tahap pertama. Dinas PMD menyebut, hal itu disebabkan tersendatnya pelaporan realisasi anggaran tahun 2023.

Meskipun sudah di warning oleh BPKAD Sarolangun terkait pencairan dana desa. 2 desa di Sarolangun yaitu Desa Pulau Buayo dan Desa Panca Karya, hingga mendekati titik akhir tak kunjung mengajukan pencairan dana desa tahap pertama.

BACA JUGA:Pemerintah Pusat Salurkan Dana Desa Sebesar Rp 98,4 Miliar Untuk Kabupaten Batanghari

Kepala Dinas PMD Sarolangun Mulyadi mengatakan, hal itu terjadi karena kedua desa tersebut hingga saat ini tersendat masalah laporan realisasi anggaran tahun 2023 lalu.

Mulyadi juga mengatakan, saat ini baik dinasnya maupun Inspektorat Sarolangun masih melakukan pemeriksaan, terhadap kegiatan pada tahun 2023 lalu di dua desa tersebut, sehingga nantinya mendapatkan titik terang apakah adanya kerugian dari kegiatan tahun 2023 atau tidak. Setelah itu dilakukan, barulah pihak desa dapat menginput rencana anggaran tahun 2024, sebelum mantinya masuk dalam proses pencairan.

BACA JUGA:Alokasi Dana Desa di Batanghari Bertambah Menjadi Rp 101 Miliar, Anggaran Insentif Guru DTA Digeser Bupati

“Kami bersama inspektorat sudah menghitung kegiatannya agar APBDes 2024 bisa diinput, karena kan memang terkendala di situ. Ada beberapa item yang memang harus selesaikan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: