3 Mahasiswi UNJA Ciptakan Kuliner Moringa Snack Bar yang Terbuat Dari Daun Kelor, Aman Dikonsumsi Ibu Hamil !

3 Mahasiswi UNJA Ciptakan Kuliner Moringa Snack Bar yang Terbuat Dari Daun Kelor, Aman Dikonsumsi Ibu Hamil !

Moringa Snack Bar--

JAMBI, JAMBITV.CO – 3 orang mahasiswi Universitas Jambi (UNJA) berhasil membuat makanan ringan atau snack yang diberi nama Moringa Snack Bar. Kuliner yang lezat satu ini dibuat dalam program Wirausaha Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis tahun 2024.

Mereka adalah Nabila Indah Safitri, Widya Ramadhani dan Ririn Dwi Mulyani. Mereka bertiga membuat terobosan baru dengan membuat Moringa Snack Bar yang bahan bakunya menggunakan daun kelor.

Daun kelor atau dengan sebutan latinnya Moringa oleifera L, adalah tanaman wilayah tropis yang banyak di Indonesia.  Tanaman ini dikenal sebagai tanaman ajaib ”miracle tree” karena bersifat multifungsi bagi makhluk hidup. 

Tanaman kelor mengandung nutrisi disetiap bagiannya, dari bunga, buah (polong), akar, daun, sampai kulit batang sudah diketahui secara luas sebagai tanaman berkhasiat dalam pengobatan. 

Tanaman kelor juga digunakan untuk pengobatan penyakit dalam seperti penyakit kekurangan vitamin C, gonorrhoea “penyakit kelamin”, epilepsi, rematik, dan lainnya.

BACA JUGA:Masyarakat Gelar Pasar Paduko di Candi Muaro Jambi, Menyajikan Beragam Kuliner Tradisional

BACA JUGA:Mengenal Gulai Tekuyung Kuliner Tradisional Khas Sarolangun dan Merangin, Berikut Bahan dan Cara Membuatnya!!!


Nabila Indah Safitri, Widya Ramadhani, Ririn Dwi Mulyani (Mahasiswi Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Jambi)--

Menurut hasil penelitian, kandungan yang dimiliki daun kelor berupa vitamin C, vitamin A, vitamin B (folat, asam pantotenat, riboflavin, niasin, vitamin B12, vitamin B6, biotin, dan tiamin), vitamin K, vitamin D, vitamin E, kalsium, besi, protein, kalium, serta beragam jenis senyawa antioksidan salah 2 satunya yaitu flavonoid, asam askorbat, karotenoid, dan fenolat.

Salah satu hal yang sangat mendasari Nabila, Widya dan Ririn dalam membuat Moringa Snack Bar ini karena masih sulitnya mencari makanan ringan yang bisa dikonsumsi ibu hamil. 

Moringa Snack Bar yang dibuat dengan daun kelor memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. 

Selan itu, sifat zat besi pada daun kelor juga mencegah anemia pada ibu hamil yang dapat menyebabkan anak yang di kandungannya bisa mengalami stunting. Bukan kepada ibu hamil saja yang bisa kena anemia, tetapi remaja-remaja yang suka begadang dan kekurangan zat besi juga bisa mengalami anemia. 

BACA JUGA:Menyelami Warisan Kuliner Nusantara

BACA JUGA:Kue Tradisional Pancong Banyak Diminati, Yok Intip Resepnya!!!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: