Jembatan Sako Duo Amblas, Akses Warga di 3 Kecamatan di Kerinci Lumpuh Total

Jembatan Sako Duo Amblas, Akses Warga di 3 Kecamatan di Kerinci Lumpuh Total

Jembatan Sako Duo Amblas, Akses Warga di 3 Kecamatan di Kerinci Lumpuh Total-Dewi Wilona-JambiTV

Jambitv.co, SungaiPenuh - Sebuah jembatan di Kabupaten Kerinci amblas, usai diterjang banjir bandang pada Selasa (16/1) dini hari. Akibatnya, akses warga di 3 kecamatan lumpuh total.

Terjangan banjir bandang di Desa Sako Dua Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci, membuat jembatan sako duo amblas, kondisi fondasi jembatan miring dan nyaris runtuh ke sungai. 

BACA JUGA:Dampak Banjir Bandang Sarolangun, Sejumlah Jembatan Gantung Putus dan Tiang Penyangga Jembatan Betrix Patah

Kondisi permukaan jembatan yang mengalami retak dan nyaris amblas tersebut, mengakibatkan jalan utama yang menghubungkan 3 kecamatan yakni Kecamatan Kayu Aro Barat dan Kecamata Gunung Tujuh tidak dapat dilalui oleh kendaraan. Meski sudah dipasangi garis polisi, namun masih banyak masyarakat yang nekat untuk melintasi jembatan tersebut.

BACA JUGA:Bencana Banjir Bandang,Satu Jembatan Gantung Di Batang Asai Putus

Selain membahayakan nyawa akibat banyak nya retakan, kondisi ini juga membuat jalur sentra perekonomian warga terganggu. Warga berharap jembatan sako dua ini secepatnya diperbaiki, agar akses warga dapat kembali normal.

BACA JUGA:Jembatan Kasang Pudak Nyaris Putus Akibat Diterjang Banjir

Salah satu warga Trisno mengatakan, selain karena diterjang banjir, kondisi pondasi yang sudah dimakan usia juga menjadi penyebab ambruknya pondasi jembatan. 

“Ini karena hujan terus menerus di dua bulan terakhir ini, membuat air naik sehingga terus terjadi banjir. Tanahnya terkikis, pondasinya juga sudah dimakan usia. Kalau kondisi jabatan sekarang, kalau kita lihat sudah kritis dan hanya kendaraan roda dua yang bisa lewat, roda empatnya dihentikan sementara,” ujar Trisno.

BACA JUGA:Banjir Bandang Kerinci Rusak Jembatan Tamiai Hingga Nyaris Ambruk

Hal senanda juga diungkapkan warga lainnya Dadang. Dadang mengatakan bahwa jenbatan sako duo ini merupakan jembatan utama warga di Kayu Aro Barat. 

“Penyebabnya karena banjir, curah hujan dari atas itu tinggi jadi banjir yang mengakibatkan tergerusnya pondasi jembatan. Jembatan ini termasuk jembatan utama yang ramai dilalui pengendara. Ini bisa dikatakan jembatan utama di Kayu Aro Barat. Jadi seluruh akses orang ke ladang semuanya lewat sini,” pungkas Dadang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: