5 Teknik Mendayung Perahu Dalam Olahraga Dayung

5 Teknik Mendayung Perahu Dalam Olahraga Dayung

5 Teknik Mendayung Perahu Dalam Olahraga Dayung--pixabay

Jambitv.co – Jika anda ingin bisa mendayung perahu, maka harus mempelajari teknik mendayung perahu yang benar. Dayung sendiri sudah menjadi cabang olahraga yang termasuk ke jenis olahraga daya tahan/endurance yang tentu bertempat di air dan menggunakan media perahu dan Dayung

Olahraga ini bersifat permainan, yang bisa dibawakan individu bahkan kelompok, biasanya juga diadakan perlombaan untuk cabang olaharaga ini. Sebelum ingin mencoba olahraga dayung ini ada baiknnya Kita juga harus mengenal dahulu olahraga dayung beserta beberapa teknik yang digunakan dalam olahraga ini.

Cabang olahraga ini dikenal di tanah air sebenarnya merupakan gabungan dari tiga induk cabang olahraga yaitu rowing, canoeing, dan traditional boat race, atau biasanya dikenal dengan sebutan perahu naga. 

BACA JUGA:5 Tips Belajar Olahraga Berkuda Untuk Pemula, Harus Berani dan Tenang

Tiga cabang olahraga tersebut dalam internasional memiliki induk organisasi internasional yaitu International Canoe Federation (ICF) untuk Canoeing,  International Dragon Boat Federation (IDBF) untuk traditional boat race, serta Federation International Societes de Aviron (FISA) untuk Rowing. 

Namun di Indonesia ketiga cabang ini digabungkan menjadi satu induk organisasi yaitu Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI).  

BACA JUGA:Tips Rutin Berolahraga di Pagi Hari, Penting Untuk Meningkatkan Suasana Hati

Setelah mengenal olahraga dayung, berikut 5 teknik mendayung perahu yang baik dan benar :

1. Teknik Dayung Pancung

Teknik dayung pancung ini merupakan teknik mendayung untuk menggeser perahu pada bagian depan ke arah samping dengan tujuan agar perahu dapat bergerak dan melaju ke arah finish.

2. Teknik Dayung Maju

Pada umumnya teknik ini banyak diketahui oleh orang, teknik ini dilakukan dengan cara mengayuh ke arah depan dan lurus mengikuti alur di bagian pinggir perahu. Tujuan nya sama yaitu agar perahu bergerak dan berjalan ke depan. Dengan pandangan mengarah ke depan sambil mendengar aba-aba dari komando yang berada di ujung depan perahu. 

3. Teknik Dayung Mundur

Tenik ini dilakukan dengan kayuhan ke arah depan tetapi dilakukan dari belakang  tujuannya sama saja yaitu membuat perahu berpindah dan bergerak mendekati garis finish yang ada di depan. Pada teknik ini pastolam dayung berjalan lurus dalam bagian pinggir lambung perahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: