5 Tips Belajar Olahraga Berkuda Untuk Pemula, Harus Berani dan Tenang

5 Tips Belajar Olahraga Berkuda Untuk Pemula, Harus Berani dan Tenang

5 Tips Belajar Olahraga Berkuda Untuk Pemula, Harus Berani dan Tenang-pixabay-

Jambitv.co, Jambi – Tips belajar olahraga berkuda untuk pemula, harus berani dan tenang. Bagi anda yang berminat untuk Berkuda merupakan bagian dari cabang olahraga, memang olahraga satu ini tergolong sulit karena kita harus mengenal dengan baik objek yang kita gunakan yaitu Kuda. 

Awalnya kuda hanya merupakan hewan pengangkut barang namun seiring berjalannya waktu akhirnya kuda diikut sertakan untuk aktivitas perang, dalam hal ini kuda sebagai alat transportasi, hingga menjadi cabang olahraga.

Berikut akan dijabarkan tips belajar olahraga berkuda untuk pemula :

1. Pahami sifat Kuda

Tak kenal maka tak sayang, kalimat itu merupakan kalimat yang tepat untuk mengambarkan ini. Karena Kuda merupakan alat transportasi kita untuk melaksanakan olahraga ini, maka kita harus memahami sifatnya terlebih dahulu. Setiap kuda memiliki sifat yang beda-beda, ada yang memiliki kesabaran ada yang mudah tempramen dan lain-lain. Jika sudah memahami dengan baik sifatnya maka kita akan mudah mengendalikannya untuk dikendarai.

2. Gunakan pakaian berkuda yang aman dan tentunya nyaman

Pada saat melakukan olahraga berkuda kita tidak bisa sembarang menggunakan pakaian dikarenakan olahraga ini sedikit beresiko tinggi untuk diri kita. Selain pakaian kita juga bisa menggunakan atribut lain yang dianjurkan seperti sepatu boots, helm, dan sarung tangan.

3. Berani dan tenang

Keseharusan olahraga ini adalah berani, karena menaiki kuda merupakan hal yang tidak mudah dan kuda merupakan makhluk hidup yang dapat merasakan emosi penunggangya. Kuda bisa mendeteksi tubuh saat gemetar jika kita memiliki rasa takut, maka dari itu kita harus memiliki sifat yang tenang.

4. Belajar untuk selalu seimbang

Setelah mengikuti beberapa tips di atas saatnya setelah berhasil menaiki kuda kita akan memfokuskan diri untuk belajar keseimbangan. Karena saat kita melakukan olahraga berkuda pasti akan ada lintasan baik itu berbelok bahkan tanjakan yang membuat kuda akan melompat. Disinilah guna kita belajar seimbang agar tidak panik bahkan jatuh disaat kuda melakukan tindakan.

5. Lebih dalam mempelajari cara menggerakan Kuda

Selain memahami sifatnya kita juga harus mengetahui cara untuk menggerakan Kuda, agar Kuda tersebut bergerak sesuai dengan perintah kita dan memahami maksud kita. Seperti disaat menyuruh berjalan maka kita akan menarik tali kendalinya. Kemudian bisa juga dengan perkataan seperti berkata “hush” atau memecut bokong kuda tersbut agar berjalan sedikit lebih melaju. Oleh karena itu pentingnya membangun chemistry dengan kuda. (Viradhiva Ramadhanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: