Presiden Jokowi Sambangi Presiden Xi Jinping, Bahas Kerjasama Ibu Kota Nusantara (IKN)

Presiden Jokowi Sambangi Presiden Xi Jinping, Bahas Kerjasama Ibu Kota Nusantara (IKN)

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Xi Jinping-foto by -Dokumen Humas Kemensetneg

Jambitv, Chengdu – Hubungan kerjasama Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) semakin menguat. Dalam lawatannya ke Tiongkok, Presiden Jokowi menyambangi Presiden Xin Jinpin di Hotel Jinniu, Chengdu (27 Juli 2023). Pertemuan untuk kesekian kalinya ini berlangsung hangat, Presiden Jokowi disambut antusias Presiden RRT.

 

Dalam pertemuan ini, ada sejumlah pembahasan terkait hubungan kerjasama Indonesia dengan Tiongkok. Khususnya, pembahasan kerjasama tentang pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Presiden Jokowi berharap agar Tiongkok dapat terus menjadi mitra strategis. 

 

“Semoga kerja sama Otoritas IKN dengan Pemerintah Kota Shenzen dapat berkontribusi bagi perencanaan dan pengembangan IKN,” ujar Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut.

 

Selain itu, ada juga kerjasama bidang lainnya, seperti penguatan perdagangan, investasi, kerja sama kesehatan, dan kerja sama riset serta teknologi.

BACA JUGA:Jokowi Pidato di Singapura, Bertanya Siapa Presiden Indonesia yang Akan Menggantikan Dirinya?

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi juga mengapresiasi penyelesaian protokol impor dalam sejumlah produk antara Indonesia dan Tiongkok. 

 

“Ke depan kita perlu terus dorong pembaruan protokol dan peningkatan kuota impor sarang burung walet serta penyelesaian protokol impor produk laut Indonesia,” sambung Jokowi.

 

Dalam hal kerjasama bidang kesehatan, Jokowi menyambut baik finalisasi rencana aksi implementasi kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Tiongkok.

 

Kemudian, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping juga membahas beberapa isu kawasan meliputi kerja sama ASEAN-RRT hingga dukungan RRT terhadap sentralitas ASEAN untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera.

 

“Indo-Pasifik adalah kawasan strategis yang harus kita jaga sebagai kawasan damai dan stabil,” tutur Presiden.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Menjadi Pembicara Ecosperity Week 2023 di Singapura

Setelah berbincang dan membahas berbagai rancangan kerjasama dua negara, Presiden Jokowi dan Presiden Xin Jinpin juga menyaksikan penandatanganan sejumlah dokumen kerja sama yang disepakati oleh kedua negara. Yaitu ;

 

  1. Protokol tentang Persyaratan Pemeriksaan dan karantina untuk Ekspor Serbuk Konjac dari Indonesia ke Tiongkok. 
  2. Protokol tentang Persyaratan Phytosanitary untuk Ekspor Tabasheer dari Indonesia ke Tiongkok. 
  3. Rencana Aksi Kerja Sama Bidang Kesehatan
  4. Nota Kesepahaman tentang Pusat Penelitian dan Pengembangan Bersama
  5. Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Perencanaan Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman terkait Pemindahan Ibu Kota Baru Indonesia
  6. Nota Kesepahaman tentang Peningkatan Kerja Sama Indonesia-Tiongkok “Two Countries, Twin Parks”.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: