Mencegah Karhutla, Ketua DPRD Edi Purwanto Minta Masyarakat Jangan Sembarangan Buang Puntung Rokok

Mencegah Karhutla, Ketua DPRD Edi Purwanto Minta Masyarakat Jangan Sembarangan Buang Puntung Rokok

Mencegah Karhutla, Ketua DPRD Edi Purwanto Minta Masyarakat Jangan Sembarangan Buang Puntung Rokok-Nurpehatul Jannah-JambiTV\

Jambitv.co, Jambi – Kebakaran hutan dan lahan terus  terjadi di sejumlah wilayah dalam Provinsi Jambi. Hal ini menjadi sorotan Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto. Edi berpesan kepada seluruh masyarakat agar tidak sembarangan membuang puntung rokok. Karena hal tersebut dapat memicu timbulnya api dan kebakaran lahan.

Edi juga menyinggung dampak akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi. Salah satunya pencemaran udara yang dapat menganggu pernafasan dan menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA.

Karhutla inikan efeknya banyak, bisa ISPA dan sakit akibat itu. Harapan kita, mari bersama dalam kondisi kering seperti ini masyarakat jangan buang puntung rokok sembarangan, kadang-kadang tidak sengaja itu sudah dianggap mati dan tidak ada niat. Tapi ternyata belum mati dan menyebabkan kebakaran,” ujar Edi Purwanto.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan di Tangkit Mencapai 3 Hektare, Pembukaan Lahan Dengan Cara Dibakar Terancam Pidana

Selain masyarakat, Edi juga mengingatkan kepada para perusahaan untuk menjaga lahan masing-masing jangan sampai terjadi kebakaran. Edi juga meminta perkuat kordinasi dengan kolaborasi agar bersama-sama dapat menanggulangan masalah Karhutla di Jambi ini. 

“Kemudian korporasi juga sama, hati-hati betul, jaga betul lahannya jangan sampai terjadi kebakaran di lahan yang mereka punya. Harapannya bisa berkordinasi dengan Masyarakat Peduli Api (MPA). Berkolaborasi semua, antara Pemerintah, Manggala Agni, kemudian dari perusahaan dan MPA juga ada. Termasuk dengan Satgas Karhutla yang diketuai oleh Pak Danrem,” pungkas Edi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id