Kesenian Senandung Jolo Asli Punyo Muaro Jambi, Ribuan Siswa Berjuang Pecahkan Rekor Muri

Kesenian Senandung Jolo Asli Punyo Muaro Jambi, Ribuan Siswa Berjuang Pecahkan Rekor Muri

Kesenian Senandung Jolo Asli Punyo Muaro Jambi, Ribuan Siswa Berjuang Pecahkan Rekor Muri di Hari Pendidikan Nasional-Yasri Nurhadi-JambiTV

Jambitv.co, MuaroJambi – Kabupaten Muaro Jambi memiliki kesenian tradisional di bidang musik yang diberi nama Senandung Jolo. kesenian ini merupakan salah satu seni tradisional dari Kelurahan Tanjung, kabupaten Muaro Jambi yang dikategorikan sebagai Sastra Tutur. Karena bentuk sajian berupa pantun yang diiringi alat musik Gambang. Munculnya kesenian Senandung Jolo ini berawal dari kebiasaan masyarakat dahulu, yang sebagian besar bermata pencarian Behumo atau Berladang di hutan.

Sampai hari ini, Kesenian Senandung Jolo masih dirawat dan dilestarikan, bahkan telah masuk dalam salah satu Muatan Lokal di sekolah-sekolah. Dan hebatnya, Senandung Jolo juga telah resmi dinobatkan sebagai kekayaan Warisan Tak Benda Indonesia.

Permainan musik Senandung Jolo juga dilengkapi alat musik yang bernama Gambang. Gambar sendiri merupakan alat musik sejenis perkusi yang terbuat dari beberapa bilah kayu atau kayu mahang. Gambang ini sebagai instrumen pertama untuk mengiringi vokal dari sebuah pantun yang diciptakan. 

Serta juga ada alat Gong instrumen pertama yang berfungsi sebagai pengiring dari vokal sebuah pantun senandung jolo tersebut. Akan tetapi, sesuai dengan perkembangan zaman instrumen ini bertambah dengan menggunakan rebana siam dan gendang bermuka dua.

BACA JUGA:Pelaminan Kungkai Warisan Budaya Masyarakat Merangin, Dipakai Dalam Pernikahan Anak Gubernur Jambi


Ribuan Siswa di Muaro Jambi Bermain Kesenian Senandung Jolo Untuk Pecahkan Rekor Muri--

Penyajian Kesenian Senandung Jolo ini biasanya ditampilkan pada saat berselang atau akan berlangsungnya perkawinan. Selain itu, Senandung Jolo juga kerap dimainkan saat ada acara pengukuhan adat dan hari-hari besar lainnya.

Kali ini, pada momentum Hari Pendidikan Nasional 2024. Dinas Pendidikan Muaro Jambi menggelar Kesenian Senandung Jolo di Lapangan Perkantoran Bukit Cinto Kenang Kabupaten MuaroJambi (2/5/2024). Penampilan Kesenian Senandung Jolo melibatkan lebih dari 1.000 siswa yang berasal dari 32 Sekolah Tingkat SMP yang ada di 11 Kecamatan. 

BACA JUGA:Lembaga Adat Melayu Jambi Berikan Gelar Adat Untuk 13 Tokoh Nasional, Berikut Nama dan Gelarnya !

Penampilan memukau ribuan siswa ini selain untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, juga upaya perjuangan untuk merebut Rekor MURI. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, Firdaus mengatakan, penampilan ini untuk mengangkat dan mensosialisasikan Musik Senandung Jolo Kepada Masyarakat luas.

"Ada 1.000 anak sekolah tingkat SMP yang dilibatkan dalam bermain musik Senandung Jolo tersebut. Mudah mudahan kegiatan itu bisa mendapat Rekor MURI," ujar Firdaus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id