Jamaah Mushola Al-Hijrah Gelar Khataman Al-Quran Pada Malam 21 Ramadhan

Jamaah Mushola Al-Hijrah Gelar Khataman Al-Quran Pada Malam 21 Ramadhan

Jamaah Mushola Al-Hijrah Gelar Khataman Alqur’an Pada Malam 21 Ramadhan-bakhtiar-Jambitv

Jambitv.co, Kota Jambi - Membaca Alquran merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada malam Bulan Suci Ramadhan. Karena selain besar pahalanya, Alquran juga turun pada bulan suci ramadhan, sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran. 

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil),” (QS: Albaqarah:185).

Sehingga setiap malam bulan suci ramdhan setiap Masjid Hingga Mushola. Selalu terdengar lantunan ayat suci alquran dari orang orang yang bertadarus. Baik dilakukan secara berkelompok maupun secara perorangan.

BACA JUGA:Keutamaan 10 Hari Kedua Ramadhan, Kesempatan Menggugurkan Semua Dosa-Dosa

Seperti halnya di Mushola Al Hijrah, yang beralamat di Jalan Bensol Perumahan Grand Mutiara Kelurahan Talang Gulo Kecamatan Kota Baru Kota Jambi. Dari awal Bulan Suci Ramadhan, warga atau jamah dari perumahan Muatiara selatan dan Grand Mutiara Selatan. Rutin Melaksanakan tadarus Alquran.

Kegiatan pembacaan Alquran ini dilakukan dengan secara bergantian dan sima’an, untuk mendengarkan dan memperbaiki. Jika saar membaca alquran ada yang kurang tajwidnya. Sehingga kegiatan tadarus ini juga menjadi tempat madrasah atau pembelajaran dalam memperbaiki bacaan Alquran.


Kegiatan Khataman Al-Quran di Mushola Al-Hijrah-bakhtiar-Jambitv

Akhirnya kegiatan tadarus ini menyelasaikan pembacaan alquran sebanyak 30 Juz. Dan pada Minggu Malam(31/3) tepatnya Malam ke 21 Ramadhan. Digelar kegiatan khataman yang membaca Juz 30 yang merupakan bagian terakhir Alquran. Dalam khataman ini para jamaah yang terdiri dari remaja dan ibu-ibu ini, membaca surah secara bergantian, hingga sampai ke Surah Annas.

BACA JUGA:Ramadhan Madrasah Bagi Umat Muslim Untuk Memperdalam Hubungan Spiritual Dengan Allah SWT

Sebagai bentuk syukur karena bisa menamatkan Alquran di Bulan Suci Ramdhan, masyarakat dilingkungan Mushola Al-hijrah ini. Juga membawakan Tumpeng dan makanan lainnya, untuk disantap secara bersama-sama.

Kegiatan makan bersama ini juga dihadiri oleh para pengurus mushola alhijrah, Imam dan anak anak yang ada dilingkungan Mushola. Kebersamaan pun terbalut saat menyantap hidangan yang sudah disediakan.

Ketua Mushola Al-Hijrah Bakhtiar Mengucapkan terima kasih kepada seluruh jamaah. Yang sudah mengisi Bulan ramadhan dengan membaca Alquran di Mushola Al-Hijrah. Dirinya menilai kegiatan ini sangat positif, karena selain mengharapkan pahala dari Allah SWT, Tadarus juga menjadi ajang untuk memperbaiki bacaan alquran dan mempelajari Alquran lebih dalam.

BACA JUGA:Pedestrian Masjid Agung Al Ittihad Tebo Jadi Pusat Dagangan Takjil Selama Ramadhan

“Alhamdulillah, Malam ini jamaah di Mushola Al-Hijrah Sudah menyelesaikan atau mengkhatam Alquran. Kegiatan ini memang setiap tahun digelar, karena selain mengharapkan pahala, juga menjadi momen warga yang bacaannya belum bagus, untuk memperbagus lagi bacaannya,”Ungkap Bakhtiar.

Bakhtiar berharap, kegiatan ini bisa membawa berkah untuk para pembaca khususnya, dan kepada masyarakat di lingkungan Perumahan Grand Mutiara dan Mutiara Selatan pada umumnya. Kemudian juga diharapkan setelah Ramadhan nantinya, membaca Alquran tetap dilaksanakan baik di rumah masing-masing, maupun Mushola.

“Kita berharap, ini menjadi berkah bagi kita semua, dan semoga kegiatan membaca dan mengaji Alquran ini, Juga rutin digelar setelah ramadhan nantinya. Karena Alquran merupakan kitap suci Umat Islam,” Pungkas Alumni Ponpes As’ad Jambi ini.

BACA JUGA:Usai Safari Ramadhan, Pj Bupati Bachyuni Berikan Bantuan Sembako kepada Warga di Sungai Gelam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv