Soal Alasan Kementerian ESDM Batu Bara Jambi Untuk Pasokan PLN, Gubernur AL Haris Sebut Tidak Ada Masalah

Soal Alasan Kementerian ESDM Batu Bara Jambi Untuk Pasokan PLN, Gubernur AL Haris Sebut Tidak Ada Masalah

Soal Alasan Kementerian ESDM Batu Bara Jambi Untuk Pasokan PLN Sumatera, Gubernur AL Haris Sebut Tidak Ada Masalah--

Jambitv.co, Jambi – Kisruh terbitnya surat Dirjen Minerba Kementerian ESDM yang meminta Gubernur Jambi mempertimbangkan kembali membuka jalur darat untuk angkutan batu bara. Ditanggapi langsung oleh Gubernur AL Haris

Gubernur menjawab alasan pihak Dirjen Minerba yang menyebut bahwa ada kekhawatiran jika angkutan batu bara Jambi terganggu, maka akan berdampak pada pasokan batu bara untuk pembangkit listrik milik PLN.

Gubernur Al Haris menjelaskan bahwa saat ini angkutan darat memang dihentikan. Tetapi, masih ada angkutan batu bara yang memakai jalur sungai. Jadi, menurut Al Haris tidak ada masalah dengan pasokan batu bara untuk PLN.

“Intinya begini saja, kita ambil bijaksana saja. Bahwa di Jambi ada 33 perusahaan yang berkontrak dengan PLN. Nah inikan juga menjadi tugas kita sekarang, karena PLN juga menghidupkan energi di semua wilayah Indonesia dan itu perlu kita pertimbangkan. Tetapikan hari ini tidak ada masalah, karena angkutan jalur air masih aktif dipakai. Artinya pasokan ke PLN masih lancar,” papar Gubernur Al Haris.

BACA JUGA:Tanggapi Surat Kementerian ESDM, Gubernur Al Haris Tegaskan Angkutan Batu Bara Sementara Waktu Tetap Jalur Air

Memahami maksud dari surat yang dilayangkan Kementerian ESDM. Menurut Al Haris surat tersebut menekankan kepada 2 hal. Pertama mempertimbangkan angkutan jalur darat dan kedua mempertimbangkan jalur sungai.

“Itu saja intinya. Penekanan dari surat itu kan 2 itu, jalur air dan jalur darat. Sekarang jalur air lancar, ya sudah tidak ada masalah,” tegas Al Haris.

BACA JUGA:Minta Gubernur Jambi Buka Angkutan Batubara Jalur Darat, Akun Kementerian ESDM Diserbu Netizen Jambi

Sejalan dengan Instruksi Gubernur (INGUB) yang telah dikeluarkan, Gubernur Al Haris menjelaskan pentingnya membuka akses jalur sungai untuk angkutan batu bara di Provinsi Jambi ini. Dengan aktifnya pengangkutan batu bara melalui jalur sungai, maka secara otomati akan terbentuk alur sungai dengan sendirinya.

BACA JUGA:Ngeri !!! Kementerian ESDM Turun Tangan Minta Gubernur Jambi Buka Kembali Angkutan Batubara Jalur Darat

“Saya tidak menghentikan angkutan (batubara) itu. Saya ingin agar di maksimalkan jalur air, karena air lagi bagus sekarang ini. Yang kedua, kalau kita sering menggunakan jalur air maka alur angkutan air itu akan terbentuk dengan sendirinya. Jadi saya kira tidak masalah. Kan ketika angkutan darat tidak aktif masih ada angkutan air yang aktif. Artinya adalah pasokan untuk PLN masih seperti biasa,” pungkas Al Haris. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id