Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Laut Banda Maluku

Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Laut Banda Maluku

Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Laut Banda Maluku-AdePutra-bmkg.go.id

Jambitv.co, Jakarta – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya mengumumkan terjadinya Gempabumi di Laut Banda Maluku pada pukul 03.20 WIB, Rabu 11 Oktober 2023. 

 

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,0. Episenter gempa berada pada koordinat 6,74° LS dan 129,86° BT, atau tepatnya di laut pada jarak 211 km barat Laut Tanimbar, Maluku, dan pada kedalaman 169 km.

 

Menurut lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan jenis gempabumi menengah karena deformasi batuan di dalam lempeng tersubduksi. Seperti yang ditunjukkan oleh hasil analisis mekanisme sumber, gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

 

Menurut estimasi peta guncangan (shakemap), gempabumi ini menyebabkan guncangan di daerah Amahai, Maluku Tengah, dengan intensitas III MMI (getaran dirasakan dalam rumah, terasa seperti truk berlalu) dan di Pulau-Pulau Babar, Maluku Barat Daya, dengan intensitas II hingga III MMI. Hingga saat ini, belum ada laporan tentang kerusakan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak memiliki potensi untuk menyebabkan tsunami.

 

Hingga pukul 03.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono, S.Si., M.Si. menghimbau, agar semua masyarakat tetap tenang dan menghindari terpengaruh oleh masalah yang tidak dapat dipastikan kebenarannya. untuk menghindari struktur yang retak atau rusak akibat gempa bumi. Sebelum kembali ke rumah, periksa dan pastikan bangunan Anda cukup tahan gempa dan tidak mengalami kerusakan karena getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: