Wisata Dadakan Pulau Pasir Saat Kemarau, Awas Bisa Jadi Jebakan yang Membahayakan Nyawa

Wisata Dadakan Pulau Pasir Saat Kemarau, Awas Bisa Jadi Jebakan yang Membahayakan Nyawa

Wisata Dadakan Pulau Pasir Dapat Membahayakan Pengunjung-Pirdana Atrio-JambiTV

Jambitv.co, Batanghari – Munculnya Pulau Pasir yang terbentang di pinggir aliran Sungai Batanghari akibat musim kemarau, membuat pihak BPBD Kabupaten Batanghari memberikan warning untuk masyarakat yang berkunjung. Sebab pulau dadakan yang mulai marak menjadi destinasi ini, dinilai dapat berpotensi membahayakan keselamatan warga. 

 

Fenomena munculnya Pulau Pasir karena menyusutnya debit air sungai akibat musim kemarau, menarik perhatian masyarakat khususnya di Kabupaten Batanghari. Bahkan lokasi ini menjadi wisata dadakan baru bagi kalangan muda mudi saat sore hari. Namun di tengah kehadiran pulau dadakan ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada. 

 

Sekretaris BPBD Kabupaten Batanghari Syamral Lubis mengatakan, fenomena Pulau Pasir yang saat ini mulai banyak ditemui di beberapa desa, perlu diwaspadai karena dinilai dapat berpotensi membahayakan keselamatan warga. Apalagi bagi pengunjung yang bukan berasal dari warga atau penduduk setempat, yang tidak memahami kondisi di pulau pasir tersebut. 

 

“Ini sangat berbahaya bagi orang yang tidak paham, kita lihat kejadian yang sudah-sudah, bahwa ini bisa menjadi jebakan-jebakan bagi masyarakat kita yang tidak paham. Dipikirnya enak tamasya di atas pasir yang bagus di Sungai Batanghari, ternyata di pinggir antara bibir air dengan pasir itu, semacam ada rongga yang membuat pengunjung hanyut,” ujar Syamral Lubis, Sekretaris BPBD Batanghari.

 

Syamral Lubis menjelaskan, ada rongga ataupun lobang di hamparan pulau pasir itu, kerap menelan korban jiwa yang tenggelam. Sehingga warga ataupun pengunjung yang bermain di atas hamparan pasir, diminta untuk tetap berhati-hati. Serta disarankan agar tidak bermain di air ataupun mandi di kawasan tersebut, jika tidak memiliki keahlian untuk berenang. 

 

Baca Juga Berita di Google News

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: