Kementerian LH Periksa Kualitas Sungai Batanghari, 4 Item Melebihi Baku Mutu

Kementerian LH Periksa Kualitas Sungai Batanghari, 4 Item Melebihi Baku Mutu

Kementerian Lingkungan Hidup Periksa 4 Sampel Air Sungai Batanghari di Kabupaten Tebo-arief rizal-jambitv

Jambitv.co, Tebo – Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia telah rampung melakukan uji labor terhadap 4 sampel yang diambil dari aliran Sungai Batanghari di Kabupaten Tebo. Bahkan, Dinas Lingkungan Hidup Tebo juga telah menerima hasil pemeriksaan dari KLH. 

 

Hasilnya, dari 18 indikator pemeriksaan terhadap baku mutu air, Kementerian LH menemukan ada 4 item dari sampel air Sungai Batanghari yang melebihi baku mutu. Empat item temuan tersebut, yaitu Bod kecil dari 2, COD kecil dari 10, minyak lemak kecil dari 1 dan bakteri escherichia koli kecil dari 100. 

 

4 item ini merupakan limbah yang disebabkan oleh manusia, seperti limbah kotoran, limbah dapur,  dompeng dan limbah perkebunan sawit. 

 

“Bod ini kaitannya dengan aktivitas kegiatan sawit, maupun kegiatan masyarakat yang membuang limbah organik. Kemudian kalau minyak lemak ini bisa jadi dari kegiatan aktivitas peti ataupun kegiatan lain seperti limbah pabrik. Kemudian ada juga yang berasal limbah dari kotoran manusia,” ujar Deriansyah, Kabid Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kabupaten Tebo. 

 

Hasil ini tentu akan menjadi kajian bagi OPD terkait, agar kedepan penyebab tingginya 4 item baku mutu kualitas air Sungai Batanghari dapat ditekan. Selain itu, Pemkab Tebo juga mengingatkan, air Sungai Batanghari tidak bisa di konsumsi secara langsung karena terjadinya pencemaran. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: