Kabupaten Batanghari Peringkat 5 Nasional Kerawanan Sosial Politik Pemilu 2024

Selasa 19-09-2023,08:56 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, Batanghari – Pemetaan terkait Indeks Kerawanan Pemilu dan pemilihan serentak di tahun 2024, sejauh ini telah dikeluarkan oleh Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia. Dari hasil pemetaan ini, ternyata Kabupaten Batanghari masuk peringkat 5 besar secara nasional dengan kategori Kerawanan Pemilu

 

Kondisi ini diungkapkan oleh Koordinator Divisi Pencegahan, partisipasi masyarakat dan humas Bawaslu Provinsi Jambi, Indra Tritusian. Indra mengatakan, Indeks Kerawanan Pemilu khususnya terkait sosial politik di daerah ini masih cenderung tinggi dengan skor 97,5.

 

“Sosial politik di Batanghari ini trend nya tinggi 97,5. Dalam dimensinya terkait dengan kerawanan netralitas ASN. Kedua, terkait dengan domain penyelenggaraan. Penyelenggaraan ini memang kategori sedang, tetapi yang terjadi di Batanghari, kita ingat kemarin ada PSU (Pemungutan Suara Ulang), PSU itu akibat pemilih yang tidak memiliki E-KTP tetapi masuk dalam DPT,” ujar Indra Tritusian, Kordiv Pencegahan Parmas & Humas Bawaslu Provinsi Jambi. 

 

Meski secara garis besar dari berbagai dimensi indeks kerawanan pemilu masih dalam kategori sedang, namun Indra mengingatkan pihak Bawaslu Batanghari, untuk melakukan pengawasan secara ketat. Agar tidak terjadi gangguan di tengah masyarakat. Terlebih lagi sejauh ini, pernjanjian kerjasama telah dilakukan bersama pihak kepolisian. 

 

Baca Juga Berita di Google News

Kategori :