Banyak Lahan Tidur, Gubernur Al Haris Minta Kabupaten Kota Manfaatkan Lahan Untuk Ketahanan Pangan

Banyak Lahan Tidur, Gubernur Al Haris Minta Kabupaten Kota Manfaatkan Lahan Untuk Ketahanan Pangan

Banyak Lahan Tidur, Gubernur Al Haris Minta Kabupaten Kota Manfaatkan Lahan Untuk Ketahanan Pangan-Nur Pehatul Jannah-JambiTV

Jambitv.co, Jambi - Gubernur Jambi Al Haris mengklaim masih banyak sawah yang tidak dimanfaatkan untuk menanam komoditas pangan dengan alasan pengairan yang sulit. Untuk itu, gubernur al haris meminta semua kabupaten kota untuk melakukan pendataan lahan tidur atau lahan yang tidak terpakai, dan melakukan sosialisasi pemanfaat lahan untuk menanam komoditi sebagai upaya ketahanan pangan daerah. 

BACA JUGA:Dialog Dengan Petani Cabai di Pondok, Al Haris Komitmen Bantu Alat Pertanian Untuk Petani

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, inflasi daerah sangat bergantung pada ketahanan pangan. Namun saat ini terdapat sejumlah persoalan ketahanan pangan yang perlu ditangani. Salah satunya masih banyak sawah petani yang tidak dimanfaatkan dengan alasan pengairan. Serta banyak lahan yang tidak dimanfaatkan untuk menanam komoditas pangan seperti cabai sehingga membuat langka. Serta ditambah dengan berbagai bencana alam seperti banjir dan longsor yang, membuat banyak petani gagal panen. Hal ini disampaikan Al Haris usai membuka rapat ketahanan pangan sektor pertanian dan peternakan beberapa waktu lalu. 

BACA JUGA:Gubernur Jambi Al Haris Perintahkan Optimalisasi 5 Jalur Sungai Untuk Angkutan Batu Bara

Lebih lanjut, Gubernur Al Haris meminta semua dinas di kabupaten kota untuk melakukan berbagai upaya penanganan, agar lahan dan sawah yang tidak digunakan dapat kembali berproduksi. 

“Rakor kali ini kita ingatkan agar semua dinas kabupaten kota kembali melihat masalah kita ini. Kita masih punya peluang karena kita masih punya lahan sawah yang luas, hanya saja lahan sawah kita banyak yang tidak produktif. Alasannya karena masalah pengairan. Untuk itu harus dicarikan solusi terbaik agar airnya bisa masuk ke situ. Yang kedua masalah cabai. Hampir semua daerah di Provinsi Jambi ini masih ada lahan untuk menanam cabai. Saya minta nanti laporannya langkah apa yang kita ambil. Intinya kita ingin pangan kita juga kuat. Saya minta tim jangan hanya ada tim inflasinya saja, tetapi juga harus ada tim ketahanan pangan daerah. Nanti akan kita bentuk itu semua,” jelas Al Haris.

 

Di sisi lain, Gubernur Al Haris mengatakan dengan upaya serta sinergitas yang dilakukan, antara dinas ketahanan pangan, tim pengendalian inflasi daerah, dan stakeholder terkait dapat mempercepatan penguatan ketahan pangan daerah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: