Waspadai 3 Bahaya Menggunakan Headset Jika Terlalu Sering Dilakukan

Waspadai 3 Bahaya Menggunakan Headset Jika Terlalu Sering Dilakukan

Waspadai 3 Bahaya Menggunakan Headset Jika Terlalu Sering Dilakukan-pixabay-

Jambitv.co, Jambi – Anda patut mewaspadai bahaya menggunakan headset jika terlalu sering dilakukan. Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan headset, mulai dari sekarang hati-hati jangan terlalu sering menggunakannya, Ternyata keseringan menggunakan headset itu memiliki dampak buruk pada pendengaran telinga kita.

Melihat dari gaya hidup atau Fashion style yang tren di zaman ini 2023, rasanya menggunakan headset adalah menjadi salah satu bagiannya. Apalagi di kalangan anak muda dan remaja, headset tidak akan pernah tertinggal.

Memang bener headset membantu untuk berbagai hal, misalnya untuk mendengarkan musik saat bersantai, atau pun saat bekerja. Atau pun digunakan untuk alat pembantu saat kegiatan rapat secara online agar tetap fokus dan jelas dalam mendengarkan suara kita membutuhkan headset.

BACA JUGA:7 Trik Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Jangan Sembarangan Pilih Pasta Gigi

Namun penggunaannya harus diatur dengan baik, karena penggunaan headset terlalu sering dalam jangka waktu yang lama berdampak buruk pada kesehatan telinga.

Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan Bedah Kepala Leher Indonesia (PP PERHATI KL). Dokter Jenny Bashiruddin memaparkan tentang resiko jika menggunakan headset dengan volume yang keras. Dalam penggunaan headset ada baiknya volume yang di gunakan jangan telalu besar, cukup 60%. Keterangan ini tertulis yang di terima NU Online, pada selasa (1/3/2022)”

BACA JUGA:Berikut Langkah Penting Mencegah ISPA, Untuk Menjaga Kesehatan Pernapasan

Adapun sejumlah gangguan yang dapat menyerang pendengaran telinga kita akibat terlalu sering menggunakan headset, sebagai berikut.

1. Gangguan Pendengaran.

Penggunaan volume headset yang berlebihan akan menyebabkan gangguan pendengaran pada telinga, misalnya mendengarkan music dengan volume headset 85% decibel(dB) ini akan menyebabkan ketulian, apa lagi dengan waktu sampai di atas 15 menitan.

2. Terasa sakit di ujung telinga.

Ini sering terjadi pada orang-orang yang sudah keterbiasaan menggunakan headset, biasanya keluhan yang di rasakan sakit di ujung telinga seperti terkena benda tajam dan suara bising yang di rasakan.

3. Infeksi Telinga.

Inilah dampak yang paling bahaya yaitu infeksi telinga, yang disebabkan bakteri. Karena pengguna headset secara bergantian besar kemungkinan bakteri yang ada di telingan orang lain akan ikut perpindah ketelingan anda. Begitupun sebaliknya.

BACA JUGA:Waspada, 13 Modus Peretasan Handphone

3 bahaya menggunakan headset ini hanya contoh kecil yang ditimbulkan dari penggunaan headset yang tidak sehat dan berlebihan. Apapun itu yang di lakukan secara berlebihan akan memiliki dampak yang negatif. Oleh sebab itu sebagai pengguna headset yang baik harus bisa mengatur waktu berapa lama dalam menggunakan headset tersebut. (Ermawan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id