7 Trik Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Jangan Sembarangan Pilih Pasta Gigi

7 Trik Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Jangan Sembarangan Pilih Pasta Gigi

7 Trik Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Jangan Sembarangan Pilih Pasta Gigi-pixabay-

Jambitv.co, Jambi – Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Terutama dalam melakukan aktivitas rutin seperti menyikat gigi. Jangan sembarangan menyikat gigi, karena bisa saja menimbulkan permasalahan lain. 

Selain itu, ada juga beberapa hal yang harus kita hindari, agar gigi dan mulut kita tetap sehat. Seperti mengkonsumsi makanan sembarangan juga dapat mengakibatkan masalah kesehatan pada gigi. Seperti masalah yang umum ditimbulkan, bau mulut, sariawan dan gigi berlubang.

BACA JUGA:5 Tips Belajar Olahraga Berkuda Untuk Pemula, Harus Berani dan Tenang

Berikut ini ada 7 Trik menjaga kesehatan gigi dan mulut yang diawali dari kebiasaan sehari-hari :

BACA JUGA:7 Tips untuk Menjadi Pengusaha Sukses

1. Jangan Terlalu Keras Menyikat Gigi.

Tujuan menyikat gigi adalah untuk menghilangkan kotoran ataupun plak yang menempel pada gigi. Nah jadi bagaimana cara menyikat gigi yang benar, cara yang bisa anda praktekkan adalah harus melakukanya dengan lembut. Karena jika terlalu keras, justru akan menimbulkan luka dan iritasi. Usahakan juga dalam menyikat gigi menggunakan gerakan memutar serta memijat sekitar 2 menit.

BACA JUGA:6 Tips Menambah Berat Badan Agar Tubuh Menjadi Semakin Sehat

2. Melakukan Sikat Gigi Secara Rutin.

Ada baiknya untuk merawat gigi dan mulut tetap sehat dalam 1 hari usahakan 2 kali menyikat gigi, yaitu pada waktu pagi hari dan malam hari setelah makan malam. Karena sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi akan menjadi bakteri dan bisa merusak gigi dan menimbulkan bau mulut.

BACA JUGA:8 Tips Untuk Menjaga kesahatan Mental Mahasiswa di Saat Sibuk Kuliah

3. Pastikan Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Kandungan Fluoride ini akan diserap oleh tubuh dan bekerja menyingkiran kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan gigi rusak dan timbulnya bau mulut.

BACA JUGA:Tips Memilih Sarapan Sehat di Pagi Hari

4. Bersihkan Mulut Dengan Berkumur Menggunakan Larutan Garam.

Sebaiknya memang dilakukan dengan obat kumur. Namun jika anda tidak mempunyai obat kumur, maka bisa diganti dengan larutan air garam. Menurut penelitian Oral Health Science Center, India, ternyata larutan garam sama efektifnya dengan chlorhexidine yang berfungsi untuk membantu mencegah peradangan.

BACA JUGA:Tips Rutin Berolahraga di Pagi Hari, Penting Untuk Meningkatkan Suasana Hati

5. Jangan Merokok.

Tembakau yang ada di dalam Rokok memberikan efek pada gigi seperti noda kuning yang menempel dan memberikan efek bau mulut. Sebaiknya kita hindari hal tersebut demi menjaga kesehatan mulut dan gigi kita.

BACA JUGA:Tips Meningkatkan Followers Media Sosial Secara Organik, Baca Disini !!!

6. Kurangi Makanan Manis dan Asam.

Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis, maka bakteri yang ada di dalam mulut akan mengubah menjadi asam. Nantinya asam tersebut menyebabkan resiko gigi berlubang.

BACA JUGA:Tips Terhindar Dari Flu Saat Cuaca Dingin

7. Rutin Periksa Gigi ke Dokter.

Rutinlah untuk menggecek Gigi anda ke dokter serta kesehatan mulut anda. Sehingga jika ada gejala-gejala yang akan menimbulkan efek buruk bisa langsung ditangani oleh dokter yang ahli di bidangnnya.

Mari kita cintai tubuh kita dengan menjaga kesehatanya, maka kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat merusak kebahagiaan dan kenyamanan kita sendiri. (Ermawan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id