8 Tips Untuk Menjaga kesahatan Mental Mahasiswa di Saat Sibuk Kuliah

8 Tips Untuk Menjaga kesahatan Mental Mahasiswa di Saat Sibuk Kuliah

--

Jambitv.co, Di tengah kesibukan jadwal perkulihan dan aktivitas yang melelahkan. Terkadang mahasiswa lupa untuk menjaga kesehatan mentalnya, karena menurut mereka hal tersebut di anggap biasa. Padahalan ini memiliki dampak dan pengaruh yang buruk bagi kesehatannya.

Kesehatan mental perlu di jaga untuk menunjang dan mendukung lancarnya aktivitas kita di setiap hari, jika kesehatan mental kita turun maka akan menghambat aktivitas kita bahkan bisa tertunda karena jatuh sakit.

Lalu apa yang harus di lakukan untuk tetap menjaga kesehatan mentalnya agar badan tetap fresh. Berikut ini tips yang bisa di lakukan sebagai berikut.

1. Kenali dan pahami diri sendiri.

Sebagai mahasiswa harus bisa dan mampu memahi diri sendiri, baik itu secara fisik maupun mentalnya. Kenapa demikian agar sewaktu timbulnya masalah atau gejala mental ia sudah tau hal apa yang harus dilakukannya untuk menyelesaikan permasalahnya tersebut.

2. Buatlah to do list

Untuk memanajemen waktu agar tidak bertabrakan dalam melakukan aktivitas, mahasiswa yang bijak akan membuat daftar kegiatan mulai dari perkuliahan, ekstrakulikuler, organisasi dan kegiatan lainnya yang akan di lakukan pada setiap hari dan setiap minggu.

3. Jaga Pola makan yang teratur.

Dalam hal ini seringkali di sepelekan oleh mahasiswa, tanpa di sadari ini akan berdampak tidak baik bagi kesehatannya terutama hal yang umum dan sering terjadi timbulnya Magh. Sehingga ini akan mengganggu kesehatannya. Maka dari itu pola makan yang teratur harus benar-benar di jaga mulai dari makan-makanan yang bergizi dan minum air putih yang cukup.

4. Olahraga.

Menjaga olahraga dengan rutin akan membantu pikiran kita menjadi rileks, karena jika kita rutin berolahraga akan menurunkan hormaon kortisol penyebabkan stress. Oleh karena itu olahraga juga perlu di lakukan dengan rutin.

5. Tidur yang cukup

Dari banyaknya aktivitas yang di lakukan, tubuh juga memerlukan waktu untuk beristirahat. ini dapat di maksimalkan di waktu tidur dengan cukup. Sehingga dengan hal tersebut kita dapat menjaga kesehatan dari organ tubuh kita di antaranya otak, jantung, ginjal, dan hati dapat berfungsi dengan baik.

6. Teman Curhat

Bangunlah hubungan baik dengan teman dan sudara, Jika ada hal-hal yang mengganggu pikiran, dapat di ceritakan dengan leluasa karena percaya dapat menjaga rahasianya. Ini adalah hal penting untuk membantu kamu semangat kembali.

7. Berikan apresiasi kepada diri sendiri.

Apresiasi kepada diri sendiri sangatlah penting untuk di lakukan. Ini adalah bentuk ucapan trima kasih kepada diri sendiri yang telah mampu untuk berjuang hingga detik ini, sehingga hal yang positif akan timbul.

8. Jauhi Minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang.

Minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang harus di hindari, karena akan berdampak buruk untuk kesehatan mental. Silahkan shobat implementasikan di kehidupan sehari-hari dan tetap terus semangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: