Walikota Fasha Panen Perdana Padi Sawah, Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi

Walikota Fasha Panen Perdana Padi Sawah, Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi

Walikota Fasha Panen Raya padi perdana-Agustri-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, KotaJambi -  Walikota Jambi Syarif Fasha melakukan panen raya padi perdana di Kelurahan Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. 

Pada panen kali ini, Fasha menargetkan kota jambi kedepan bisa melakukan panen raya 2 kali dalam setahun.

Panen raya ini dilakukan Walikota Jambi bersama forkompinda di lahan padi sawah  seluas 30 hektar milik Kelompok Tani Tunas Harapan Kelurahan Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura.

Selain melakukan panen raya, dalam kesempatan ini Walikota Fasha juga memberikan bantuan obat obatan, perahu, bibit dan juga alat dan mesin perrtanian untuk kelompok tani.

"Panen perdana padi sawah Kota Jambi tahun 2023 merupakan rangkaian kegiatan sejenis yang telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu panen serentak Gerakan Payo Menanam Cabai Kota Jambi, yang juga dilakukan dalam rangka upaya penanganan inflasi di Kota Jambi," terang Fasha dalam sambutannya.

Syarif fasha mengatakan, bahwa hasil pertanian padi di Kota Jambi ternyata hanya bisa memenuhi sebagian kecil kebutuhan beras di Kota Jambi. Ini dikarenakan terbatasnya lahan pertanian untuk menanam padi di Kota Jambi. Saat ini hanya sebanyak 1.600 hektar lahan yang ada di Kota Jambi. Sedangkan kebutuhan beras di Kota Jambi dalam satu tahun diperkirakan sebanyak 73 ribu ton beras setahun.

"Kota Jambi memiliki lahan yang terbatas untuk pelaksanaan usaha budidaya tanaman komoditi pangan, sehingga perlu adanya terobosan dan inovasi teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan produksi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan penggunaan teknologi yang spesifik. Diharapkan upaya tersebut bisa mengatasi permasalahan ketersediaan lahan yang terbatas di kota Jambi," lanjutnya.

Untuk itu Fasha menargetkan, untuk pengembangan lahan pertanian, Pemerintah Kota menargetkan kota jambi bisa melakukan panen raya 2 atau tiga kali dalam setahun, sehingga pemenuhan kebutuhan pangan di Kota Jambi dapat terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: