5 Kecamatan di Muaro Jambi Rawan Karhutla, 78 Personil BPBD Disiagakan

5 Kecamatan di Muaro Jambi Rawan Karhutla, 78 Personil BPBD Disiagakan

kebakaran hutan dan lahan di Muaro Jambi-Yasri Nurhadi-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, MuaroJambi - Dalam menghadapi puncak  musim kemarau yang lebih kering tahun ini. BPBD Kabupaten Muaro Jambi menyiagakan puluhan personil. 

Selain itu BPBD juga mencatat, ada sejumlah  kecamatan  yang  menjadi titik rawan kebakaran hutan dan lahan, yang menjadi perhatian  khusus.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Muaro Jambi M. Zuhdi mengatakan, berdasarkan  catatan  BPBD Muaro Jambi, tercatat  sudah ada sejumlah  kasus  kebakaran  lahan di wilayah  Kabupaten Muaro Jambi. Menyikapi hal tersebut , BPBD Muaro Jambi telah menyiagakan 78 personil  setiap hari. 

“sebanyak 78 orang personil kita siagakan. 17 orang dalam satu kali 24 jam. Selain itu ada  beberapa titik pemetaan rawan kebakaran hutan dan lahan, yaitu di 5 kecamatan, seperti  kecamatan Kumpeh, Kumpeh Hulu, Taman Rajo, Maro Sebo dan Sungai Gelam.” kata Zuhdi. 

Lanjutnya, ada beberapa  kasus  kebakaran  yang telah  terjadi, untuk di lokasi tim satgas karhutla  mengalami kesulitan terutama air. Dampak musim kemarau membuat sumur-sumur maupun kolam di lokasi kebakaran mengalami kekeringan. 

Untuk  menghadapi musim kemarau ini, tim BPBD  bersama POLRI, TNI, dan instansi  lainnya selalu siaga, dan setiap hari melakukan patroli lapangan, guna  antisipasi pencegahan dini, agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: