Antisipasi Karhutla, 16 Ton Garam Disemai Untuk Membentuk Hujan Buatan

Antisipasi Karhutla, 16 Ton Garam Disemai Untuk Membentuk Hujan Buatan

Antisipasi Karhutla, 16 Ton Garam Disemai Untuk Membentuk Hujan Buatan -Peha-Jambitv

Jambitv.co, Jambi - Tim Satgas Karhutla Provinsi Jambi, terus melakukan antisipasi kebakaran hutan dan lahan. Selain dari kesiapsiagaan patroli, tim satgas juga melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca atau TMC hujan buatan. Dimana modifikasi cuaca itu dilakukan sejak satu minggu terakhir. Setidaknya sudah 16 ton garam yang disemai untuk menurunkan hujan di wilayah jambi.

Sekda Provinsi Jambi Sudirman mengatakan, modifikasi cuaca atau hujan buatan tersebut dilakukan karena sempat tidak ada hujan dalam waktu yang panjang. Sehingga permukaan tanah dan lahan gambut menjadi kering dan mudah terbakar. 

Tim Satgas dan Pemprov Jambi akan melihat kembali perkembangan cuaca, jika satu minggu ke depan tanpa hujan. Maka hujan buatan akan kembali diusulkan ke pemerintah pusat

“Yang kami terima, dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana sudah melakukan teknologi modifikasi cuaca menggunakan pesawat cesna. Selama 7 hari itu dengan kapasitas lebih 16 kurang ton ditaburkan garam disemai dalam posisi awan yang 70 persen,” Kata Sudirman Sekda Provinsi Jambi.

Sementara itu terkait pendanaan, sekda sudirman belum mengetahui secara pasti berapa biaya yang digunakan. Mengingat hujan buatan itu merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: