Yudisium Fakultas Syariah ke XV UIN STS Jambi, Wakil Rektor I: Tiga Kunci Sukses Dalam Hidup

Sabtu 13-07-2024,15:58 WIB
Reporter : Bahtiar AB
Editor : Suci Mahayanti

Jambitv.co, Kota Jambi - Fakultas Syariah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi kembali melaksanakan kegiatan Yudisium yang ke XV. Bertempat di hotel Shuta Inn Syariah, Telanaipura Sabtu (13/7). 227 mahasiswa tampak khidmat dalam mengikuti kegiatan tersebut. 

Ratusam Peserta Yudisium terdiri dari Prodi Hukum keluarga Islam 26 Mahasiswa. Prodi Perbandingan mazhab 2 orang, Prodi Hukum Pidana Islam 29 Orang. Prodi  Hukum Ekonomi Syariah 27 orang , Prodi Hukum Tata Negara 21 Orang dan Prodi Ilmu Pemerintahan 122 orang. 

BACA JUGA:Prihatin Dengan Kecelakaan Eka Marcega, Rektor UIN STS Jambi Minta Rumah Sakit Berikan Perawatan Maksimal

Dekan fakultas syariah Dr. Habriyanto, S.Pd.I.,M.E.I dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa orang cerdas adalah orang yang secara dini mau menyiapkan bekal sebelum pergi menuju ke tempat yang sangat jauh (akhirat).  Dan orang kaya di akhirat adalah orang yang ketika di dunia mau menanam (beramal shaleh) yang kelak akan memanen.  

Dalam hal ini, Harbiyanto mengutip hadist Rasulullah shallallahu alahi wasallam yang terekam dalam Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah. 

الكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَعَمِلَ لِمَا بَعْدَ الْمَوْتِ، وَالعَاجِزُ مَنْ أَتْبَعَ نَفْسَهُ هَوَاهَا وَتَمَنَّى عَلَى اللهِ 

 

"Orang cerdas adalah orang yang rendah diri dan beramal untuk kehidupan setelah kematian, dan orang lemah adalah orang yang mengikutkan dirinya pada hawa nafsunya dan berangan-angan atas Allah". (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah). 

BACA JUGA:21 Hari Jabat Rektor Asad Isma Langsung Rombak Pejabat UIN Jambi, Berikut Nama-namanya :

Berkaitan dengan haidst diatas Dekan menegaskan seorang alumni Fakultas syariah disamping harus cerdas dalam bidang akademik. juga harus cerdas dalam urusan ubudiyyah menyangkut hablumminallah. Keduanya harus seimbang agar menjadi alumni yang memiliki karakter serta berpaham dan berfikir  secara moderat. 

Terakhir dirinya berpesan kepada semua Alumni Syariah untuk patuh, taat serta menghormati Orang tua dan dosen yang telah membimbing ,mengarahkan, mendidik serta mengajar selama lebih kurang 4 tahun di bangku kuliah. 

BACA JUGA:UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Juara Umum Pada PKM PTKIN Se-Sumatera Dan Asia Tenggara

"Jangan sekali-kali meremehkan dosen , tidak hormat kepada dosennya meskipun sudah tidak lagi kuliah. Sebab  mahasiswa yang meremehkan dosen niscaya ilmunya hanya sampai di bangku kuliah tidak akan bisa bermamfaat di tengah Masyarakat," Kata Harbiyanto.

 

Yudisium kali ini fakultas syariah juga mengundang Rektor yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan bapak Dr. Ayub Mursalin, M.Ag. 

Kategori :