Krisis Air Bersih di Desa Kilangan, Warga Hanya Mengandalkan Genangan di Bekas Galian

Kamis 14-09-2023,09:17 WIB
Reporter : Ade Putra
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, Batanghari – Musim Kemarau yang melanda Kabupaten Batanghari saat ini semakin dirasakan masyarakat. Salah satunya di Desa kilangan Kecamatan Muara Bulian, dimana, ratusan warga mengalami krisis air bersih.

 

Dari keterangan warga setempat, sedikitnya ada 150 Kepala Keluarga di RT. 03 dan RT. 11 yang sudah terdampak atau kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Kondisi ini karena sumur mereka sudah mengering. Dengan kondisi ini, warga terpaksa mencari sumber air lain, seperti genangan di lubang bekas galian Batubata.

 

“Bukan sekedar ini, Pokoknya seingat Saya semenjak musim kemarau datang udah sulit air bersih, Jadi kita kalo mau cari air bersih itu susah. Disini kan banyak orang yang bikin batubata, Itu kalau di ekskavator itu bisa keluar air, nah ramai-ramai orang mengambil air itu. Kalau dak gitu masyarakat dak dapat air, selain itu ada juga yang mencari kalau ada sungai, kalau bisa ngambil air di sungai untuk minum, mandi dan cuci,” ujar emi, warga desa kilangan.

 

Sementara itu, sulitnya warga Desa Kilangan mendapatkan sumber air bersih, kantaran sumur bor yang dibangun oleh pemerintah desa setempat, juga tidak dapat dimanfaatkan lantaran kondisi airnya yang keruh. Kondisi ini sudah dialami oleh warga sejak beberapa bulan terakhir, sehingga pemerintah daerah diminta cepat tanggap mengatasi persoalan ini.

 

Baca Juga Berita di Google News

Kategori :