Sumber Mata Air Desa Ibru, Muncul Dari Hutan Belantara Tak Pernah Kering

Sumber Mata Air Desa Ibru, Muncul Dari  Hutan Belantara Tak Pernah Kering

Sumber Mata Air Desa Ibru, Muncul Dari Hutan Belantara Tak Pernah Kering-Yasri Nurhadi-JambiTV

Jambitv.co, MuaroJambi – Keistimewaan sumber mata air Desa Ibru, muncul dari  hutan belantara tak pernah kering. Meski dilanda musim kemarau dan kekeringan, warga Desa Ibru Kecamatan  Mestong Kabupaten Muaro Jambi tidak khawatir dengan ketersediaan air bersih. Pasalnya, warga desa ini mendapat berkah munculnya sumber mata air yang berasal dari hutan belantara.

Bahkan kini, sumber mata air Desa Ibru ini telah dikelola oleh BUMDES menjadi usaha air bersih yang menjadi andalan masyarakat saat musim kemarau. Sumber mata air yang muncul dari  kawasan hutan belantara di desa Ibru ini tak pernah kering, meski dilanda kemarau panjang sekalipun. 

BACA JUGA:Dilanda Kekeringan, Warga Kecamatan Mestong Antre Hingga Malam Untuk Dapat Air Bersih

Selain memenuhi kebutuhan air bersih untuk ratusan kepala keluarga lewat jaringan pipa, Bumdes Desa Ibru juga melayani pembelian air untuk masyarakat umum. Setiap harinya, kendaraan mobil pickup pengangkut tandon milik warga bergantian mengisi pasokan air bersih di desa ini.

“Alhamdulillah nampaknyo biso membantu desa tetangga dari Suka Damai sampe ke Mekar Jaya. Jadi jumlah sekitaran lima desa, kalau liternyo mungkin sekitaran hampir 10 ribu literlah,” ujar Musa, Pengelola Bumdes Desa Ibru.

Pengelola Bumdes menjual air bersih ini dengan harga yang sangat murah. Setiap pembelian satu kubik air, pembeli hanya dikenakan biaya Rp 25 ribu. Selain memenuhi kebutuhan warga di desa Ibru, sumber air bersih ini juga membantu masyarakat di 5 desa tetangga yang terdampak kekeringan. 

BACA JUGA:Antisipasi Kekeringan, Dinas PUPR Muaro Jambi Usulkan Rp 2,5 Milliar Untuk Pembangunan Sumur Bor

“Kalau desa yang sering beli disini dari Sebapo, Muara Sebapo sampai Tempino, Naga Sari, dari Jambi, mekar jaya, suka jaya sampe jugo bedeng arang tu ngambil kesini. Alhamdulillah tidak pernah kering, bahkan sampe kemarau 7 bulan juga kemarin belum juga kering. Kami dari desa Ibru sangat sangat berterimakasih dengan adanya air kami sumber kami tidak pernah kering,” tutur Suhaimi, pengelola BUMDES. 

Diketahui bahwa sumber mata air yang mengalir dari bukit bebatuan di desa Ibru ditemukan warga sejak puluhan tahun lalu. Hingga saat ini airnya tak pernah kering. Kehadiran sumber mata air ini menjadi berkah bagi semua masyarakat desa setempat.

BACA JUGA:Takut Kekeringan, Petani Terpaksa Percepat Proses Panen Ikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id