Peralihan Musim, BMKG Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Peralihan Musim, BMKG Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Peralihan Musim, BMKG Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem-yasri-Jambitv

Jambitv.co, Muaro Jambi - Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Jambi, menghimbau masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem pada peralihan musim. Transisi dari masa kemarau ke musim penghujan ini,  diprediksi terjadi sepanjang dasrian satu bulan November .

Berada pada peralihan musim kemarau ke musim penghujan. BMKG mengingatkan kepada masyarakat untuk mewaspadai bencana Hidrometeorologi. Dampak dari cuaca ekstrem yang diprediksi berpotensi akan terjadi. 

Senior Forecaster BMKG Stasiun Klimatologi Jambi Arif Ma’rufi mengatakan. Penomena cuaca esktrem yang harus diwaspadai yakni angin kencang, hujan lebat serta potensi terjadinya petir. Meningkatkan kewaspadaan dinilai penting, agar terhindar dari bahaya bencana Hidrometeorologi,  seperti banjir dan longsor. 

BACA JUGA:BPBD Tebo Minta Masyarakat Waspada Peralihan Musim dari Kemarau ke Penghujan

“Berdasarkan data terakhir dan dinamika musim terakhir yang kami amati bahwa mulai dari data harian 1 november ini. Wilayah Provinsi Jambi khususnya Kabupaten Muara Jambi sudah memasuki masa panca roba di mana hujan sudah melampaui dari pada 50 milimeter per dasar harian. Adapun hal-hal yang perlu di perhatikan  atau di waspadai pada masa panca robah ini adalah angin kencang. Kemudian hujan dengan intensitas sedang sampai lebat dan adanya petir. Harus di waspadai oleh masyarakat untuk terhindar dari pada bahaya-bahaya dari bencana Geometrologi di masa panca robah ini,” Kata Arif Ma’rufi

Potensi terjadinya cuaca ekstrem menyeluruh di 11 kecamatan di Kabupaten Muaro Jambi. Arif menyampaikan, bahwa pertanda akan terjadinya cuaca ekstrem, satu hingga dua jam sebelumnya suhu udara akan meningkat hingga 32 derajat celcius. Fenomena angin kencang, disertai hujan lebat dan petir, berpotensi terjadi pada sore hingga dini hari. 

BACA JUGA:BMKG Prediksi Musim Kemarau Berakhir Akhir Oktober, Hujan Bertahap Mulai Awal November

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv