BMKG Prediksi Potensi Cuaca Ektrem Terjadi 3 Hari Mendatang, Waspada Angin Puting Beliung, Banjir dan Longsor

BMKG Prediksi Potensi Cuaca Ektrem Terjadi 3 Hari Mendatang, Waspada Angin Puting Beliung, Banjir dan Longsor

BMKG Prediksi Potensi Cuaca Ektrem Terjadi 3 Hari Mendatang, Waspada Angin Puting Beliung, Banjir dan Longsor-Yasri Nurhadi-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, MuaroJambi - Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jambi menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada, karena potensi cuaca ekstrem di prediksi terjadi hingga 3 hari mendatang. 

Potensi cuaca ekstrem terjadi secara menyeluruh di Kabupaten Muaro Jambi, dimana cuaca ekstrem ditandai dengan intensitas curah hujan sedang hingga lebat, yang disertai kilat atau petir dan angin kencang. 

BACA JUGA:Peralihan Musim, BMKG Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Koordinator data dan informasi BMKG Stasiun Klimatologi Sri Utami Widyastuti mengatakan, hal ini terjadi karena dinamika fenomena siklon 99 yang terjadi di Kepulauan Natuna, yang dapat mempengaruhi perairan di Sumatera dan memicu pertumbuhan awan hujan yang banyak di langit Jambi. 

Untuk itu masyarakat dihimbau agar waspada terhadap bencana yang mungkin timbul akibat dampak dari cuaca ekstrem, seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung

BACA JUGA:Memasuki Musim Hujan, BMKG Imbau Warga Muaro Jambi Waspada Banjir dan Angin Kencang

“Untuk sekarang ini kan kita masa peralihan dari musim kemarau hingga ke musim hujan, jadi perlu diwaspadai adanya iklim ekstrem, yaitu hujan lebat, angin kencang hingga puting beliung perlu diwaspadai. Di Kabupaten Muaro Jambi sekitarnya bisa terjadi hal-hal tersebut, ini hampir merata. Kebetulan sedang ada fenomena siklon 99 di kepulauan Natuna yaitu Kalimantan di bagian utara dan itu mempengaruhi perairan Sumatera. Sehingga memang beberapa hari ke depan akan terjadi seperti hujan lebat ataupun angin kencang,” pungkas Sri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: