Gubernur Jambi Al Haris Temui Ratusan Petani yang Tuntut Penyelesaian Konflik Lahan

Gubernur Jambi Al Haris Temui Ratusan Petani yang Tuntut Penyelesaian Konflik Lahan

Gubernur Jambi Al Haris Temui Ratusan Petani yang Tuntut Penyelesaian Konflik Lahan-Nurpehatul Jannah-JambiTV

Jambitv.co, Jambi – Unjuk rasa ratusan petani pada Rabu sore, 18 Oktober 2023 ditemui langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris. Dalam unjuk rasa ini, para petani meminta sikap tegas pemerintah dalam membantu mereka mengatasi persoalan konflik lahan melawan perusahaan.

Ratusan massa dalam unjuk rasa ini berasal dari NGO Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jambi bersama 19 kelompok masyarakat dari 7 Kabupaten/kota seprovinsi Jambi. Mereka menuntut penyelesaian konflik lahan yang berlarut-larut.

BACA JUGA:Ratusan Masyarakat Petani Aksi di Depan Kantor Gubernur Jambi Tuntut Penyelesaian Konflik Lahan

Para pendemo mengecam industri ekstraktif yang merupakan kejahatan lingkungan yang kompleks. Deforestasi, Kebakaran Hutan, pencemaran Lingkungan, Kerusakan Alam hingga Konflik Agraria masih dirasakan para petani di Jambi.

Selain itu, para pendemo juga menyoroti penguasaan Sumber Daya Alam berbasis korporasi yang difasilitasi pemerintah tidak mampu menjawab kebutuhan rakyat. Mereka meminta orientasi arah pembangunan Provinsi Jambi mengedepankan nilai-nilai keagilan ekologis dan kesejahteraan sosial bagi rakyat Jambi.

BACA JUGA:31 Kasus Konflik Lahan Terjadi Muaro Jambi

Unjuk rasa ini mendapat respon langsung dari Gubernur Jambi Al Haris, yang turun menemui para pendemo. Kehadiran Gubernur Al Haris di tengah-tengah pendemo, untuk mendengarkan secara langsung masukan dan aspirasi yang disampaikan.

Gubernur Al Haris menjelaskan, untuk penyelesaian masalah konflik lahan yang terjadi di Provinsi Jambi, pihaknya masih menunggu tindakan dari Tim Terpadu (Timdu) daerah di tingkat Kabupaten/Kota. Al Haris menegaskan, jika Timdu Kabupaten/Kota tidak sanggup menyelesaikannya, barulah nanti akan diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Jambi.

“Memang selama ini kita masih melihat kinerja Timdu Kabupaten/Kota, kita berharap Bupati untuk menyelesaikan persoalan ini dari bawah. Kecuali nanti beliau di daerah tidak tuntas dan menyerah, baru nanti kami ambil alih. Maka kita lihat ini ada beberapa daerah, doronglah Bupati nya untuk melakukan rapat Timdu daerah, jangan dikit-dikit nagih ke Gubernur,” jelas Gubernur Jambi Al Haris.

BACA JUGA:Konflik Lahan Warga Dan PT.FPIL Akhinya Sepakat Berdamai,Warga Apreasiasi Polda Jambi Dan Jajaran


Unjuk Rasa Ratusan Petani Menuntut Pemerintah Provinsi Jambi Bantu Selesaikan Konflik Lahan-Nurpehatul Jannah-JambiTV

Terkait tuntutan petani ini juga, Al Haris mengajak untuk semua pihak bersama-sama serius mencari solusinya. Dirinya meyakini, kalau semua pihak serius maka akan ada solusi atas persoalan-persoalan konflik lahan yang terjadi ini.

“Maka nanti kita lihat, yang mana nanti yang harus kita sikapi, baru nanti daerah menyelesaikan di tingkat Kabupaten/Kota. Kedua, kalau kita serius sama-sama dan memang kita ingin selesai dengan baik, Tim ini harus bekerja dengan baik, BPN bekerja, kami bekerja, Bupati/Walikota bekerja, InsyaAllah akan ada hasilnya, ada solusi lah,” tegas Al Haris.

“Jadi saya akan menerima perwakilan di ruangan, biar kita bedah satu persatu masalahnya apa. Untuk penanganannya nanti kami berkoordinasi dengan Kapolda, Danrem dan juga Bupati/Walikota,” pungkas Gubernur Jambi Al Haris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv