31 Kasus Konflik Lahan Terjadi Muaro Jambi

31 Kasus Konflik Lahan Terjadi Muaro Jambi

31 Kasus Konflik Lahan Terjadi Muaro Jambi-Yasri Nurhadi-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, MuaroJambi - Konflik lahan masih terjadi di Kabupaten Muaro Jambi. 

Berdasarkan data dari Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Muaro Jambi, tercatat ada sebanyak 31 kasus konflik lahan yang terjadi di Kabupaten Berjuluk Bumi Sailun Salimbai ini. 

Kepala kantor Kesbangpol Muaro Jambi Kemas Ismail Azim menyampaikan, kasus konflik lahan yang terjadi diantaranya melibatkan masyarakat dan kelompok tani, masyarakat dengan koperasi, kelompok tani dengan koperasi dan masyarakat dengan perusahaan. Yang disebabkan rata-rata perselisihan soal kebun atau sengketa lahan.

“Tercata ada 31 kasus, rata-rata perselisihan masalah kebun sengketa lahan. Sebagian besar itu masyarakat menuntut kemitraan perusahaan yang minimal sesuai dengan permintaan yaitu 20 persen,” ujar Kemas.

Sementara itu, saat ini yang menempuh jalur hukum baru satu kasus , yaitu PT Fajar Pematang Indah Lestari atau PT FPIL dengan masyarakat Sumber Jaya. 

Kemas Ismail Azim juga mengatakan, setiap ada konflik lahan pihaknya terus menfasilitasi atau memediasi melalui tim terpadu. 

Namun ketika tidak ada kesepakatan antara kedua belah pihak, maka akan diarahkan untuk menempuh jalur hukum. Sejauh ini dari 31 kasus konflik lahan, hampir 80 persen sudah dimediasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: