5 Desa di Dua Kecamatan Kabupaten Muaro Jambi Sudah Terdampak Kekeringan

5 Desa di Dua Kecamatan Kabupaten Muaro Jambi Sudah Terdampak Kekeringan

5 Desa di Dua Kecamatan Kabupaten Muaro Jambi Sudah Terdampak Kekeringan-yasri-Jambitv

Jambitv.co Muaro Jambi - Menyikapi Instruksi Pj Bupati Muaro Jambi, Kalaksa BPBD Muaro Jambi Alias mengatakan. Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Camat, dan tercatat ada Lima Desa di 2 kecamatan. Yakni Kecamatan Kumpeh Ulu dan Kecamatan Sungai Gelam, yang sudah melaporkan untuk masyarakat yang terdampak  kekeringan.

Mengatasi hal tersebut, Pemkab Muaro Jambi telah menyiagakan mobil tangki yang siap memberikan bantuan air bersih, kepada masyarakat yang mengalami kekeringan. 

“Semalam kikta sudah diminta oleh pak bupati melakukan pendataan daerah mana saja yang mengalami kekeringan dan tadi sudah koordinasi dengan seluruh camat. Hari ini sudah mendapatkan data sementara baru 2 kecamatan menyampaikan laporan sebanyak 5 desa. Kita sore ini kita langsung merintahkan 2 unit armada kita untuk menyalurkan air bersih” ujar Alias. 

Sementara itu, PJ bupati Bachyuni Deliansyah memastikan, kabut asap yang melanda wilayah Muaro Jambi dalam 4 hari terakhir ini. Bukan dampak dari kebakaran hutan dan lahan, yang terjadi di Muaro Jambi dan provinsi Jambi.

Sementara, untuk langkah pencegahan, PJ bupati Bachyuni telah meminta kalaksa Muaro Jambi, berkoordinasi dengan para camat serta desa, agar segara mengambil langkah strategis menghimbau kepada masyarakat. Untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar. 

Pemerintah juga menghimbau kepada masyarakat, untuk menggunakan masker saat beraktivitas diluar ruangan. Agar terhindar dari serangan penyakit. Pemkab Muaro Jambi juga telah menyiapkan ribuan masker yang siap diberikan kepada masyarakat.

“Yang pertama saya sampaikan bahwa pak gubernur sudah memberikan surat edaran kepada seluruh  bupati dan walikota agar segara melakukan antisipasi. Pada hari ini juga setelah acara ini untuk memanggil stakeholder terkait untuk melakukan evaluasi. Kalau yang dibutuhkan terkait masyarakat Jambi. Saya lihat beberapa hari terakhir ini banyak asap yang bisa menggangu kesehatan. Untuk itu saya berharap kepada seluruh masyarakat Muaro Jambi apa bila melakukan aktivitas diluar rumah untuk menggunakan masker, sampai benar-benar nanti ispu nya menjadi standar” ujar Bachyuni.

BACA JUGA:Gawat !!! Semua Sawah Sarolangun Terancam Kekeringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: