29 Kelompok Tani Di Batanghari Dapat Bantuan Alsintan

29 Kelompok Tani Di Batanghari Dapat Bantuan Alsintan

29 Kelompok Tani Di Batanghari Dapat Bantuan Alsintan -Pirdana Atrio-Jambitv.disway.co

Jambitv.co, Batanghari - Sebanyak 73 unit alat dan mesin pertanian atau alsintan, disalurkan Pemkab Batanghari kepada para petani. Bantuan untuk para petani ini, menelan dana mencapai Rp 1 Miliar. 

Pemerintah Kabupaten Batanghari, melalui Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan, kembali menyalurkan bantuan berupa alat dan mesin pertanian atau alsintan, untuk para petani di daerah setempat. Sedikitnya ada sekitar 73 unit alsintan yang disalurkan di tahun anggaran 2023 ini.

Bantuan ini diserahkan melalui 29 kelompok tani yang tersebar di sejumlah desa maupun kelurahan yang di setiap kecamatan.

BACA JUGA:Muara Bulian dan Muara Tembesi Jadi Titik Kawasan Kumuh di Kabupaten Batanghari

Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengaku, jika bantuan alsintan tersebut merupakan salah satu prioritas dari pemerintah daerah, untuk meningkatkan hasil produksi pangan.

“Maka kami menjadi salah jika pemerintah daerah, kalau pertanian tidak menjadi garis terdepan. Kemudian berangkat dari visi misi kami, maka kami usulkan kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas, bagaimana Batanghari ini mendapat dukungan lebih kuat dari pemerintah pusat. Setelah kita ajukan maka ditetapkanlah Batanghari menjadi kawasan ketahanan pangan nasional.” kata Muhammad Fadhiel Arief.

Puluhan unit alsintan tersebut, terdiri dari 35 unit jenis alat kultivator dan 38 unit pompa air. Dimana bantuan untuk para petani ini, menelan dana sekitar Rp 900 juta rupiah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus atau DAK di tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: