Yuk !!! Jalan-Jalan ke Wisata Danau Sipin Kota Jambi

Kamis 20-07-2023,10:22 WIB
Reporter : Ade Putra
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, KotaJambi – Bagi anda yang saat ini berada di Jambi, rugi jika tidak menyambangi kawasan Wisata Danau Sipin Kota Jambi. Danau dengan luas 89 hektar atau 3,4 kilometer persegi ini, memiliki panjang sekitar 4.500 meter dengan lebar rata-rata sekitar 300 meter. Kawasan terdalam di Danau Sipin dulunya hanya mencapai 6 meter. Namun sejak di lakukan normalisasi pada tahun 2018 silam, Danau Sipin saat ini telah memiliki kedalaman rata-rata 5 sampai 7 meter. 

Untuk sampai ke objek wisata Danau sipin Kota Jambi ini pun tidak sulit. Karena lokasinya yang berada di pusat Kota Jambi Jambi. Posisi Danau berada di belakang Perkantoran Gubernur Jambi, yang beralamat di Jl. Ade Irma Suryani Nasution, Telanaipura, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361. 

Di objek wisata yang satu ini, ada banyak hal yang pengunjung dapat nikmati. Mulai dari kehidupan masyarakat setempat yang masih orisinil. Sampai dengan festival dan atraksi jika anda berkunjung di waktu yang tepat.

Berikut beberapa objek wisata yang dapat di lihat di Danau Sipin :

    Ribuan Keramba Jaring Apung  : Objek Wisata Danau Sipin masih sangat berbaur dengan kehidupan masyarakat setempat. Warga di seputaran danau banyak yang melakukan budidaya ikan lewat Keramba Jaring Apung. Maka saat anda berkunjung kesini, jangan kaget jika melihat tidak kurang dari 1.200 keramba jaring apung masyarakat yang masih aktif sampai saat ini. Berkeliling Naik Perahu Hias : Jika dulu anda dapat berkeliling bebas menggunakan perahu nelayan untuk menjelajahi Danau Sipin. Namun sekarang anda dapat berkeliling sekaligus bertamasya dengan keluarga menggunakan perahu hias. Banyak warga setempat yang telah menyediakan fasilitas perahu hias untuk menjajal seluk beluk Danau Sipin. Mampir di Sentra Pembuatan Batik : tidak hanya mengeksplorasi Danau, anda juga dapat berhenti di beberapa spot untuk melihat langsung proses pembuatan Batik Jambi. Pasalnya di pinggiran Danau Sipin ini, ada sejumlah usaha UMKM ibu-ibu yang dapat mengajari anda cara membuat Batik Jambi tanpa pewarna Kimia. Menyantap Kuliner Khas : Berwisata di Danau Sipin anda tidak perlu repot-repot membawa bekal. Pasalnya di lokasi wisata ini banyak tersedia warung atau tempat makan khusus kuliner warga setempat. Dan tentunya, harga sangat terjangkau dengan olahan masakan rumahan yang cocok di lidah. Menyaksikan Event Seru : Sebelum anda berkunjung ke wisata ini sebaiknya diawali dengan melakukan riset. Khususnya mencari tahu, event-event yang akan di gelar di Danau Sipin ini. Sejumlah event yang sering berlangsung di Objek Wisata ini, seperti :
·          Senam Pagi Bersama

·          Lomba Perahu Hias

·          Lomba Perahu Karet

·          Festival Layang-layang

·          Fun Climbing

·          Pameran Bonsai

·          Pentas Musik Dan Seni

·          Skateboarding

·          RC Boat

·          Serta Pameran UMKM

Jika bertepatan dengan berlangsungnya event tersebut, maka akan sangat ramai orang berkunjung ke wisata ini. Karena untuk masuk ke lokasi wisata Danau Sipin anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Pengunjung hanya cukup membayar biaya parkir kendaraan, Rp.2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk Mobil.

Namun beda lagi jika anda ingin menikmati sejumlah wahana yang di siapkan, akan ada harga khusus tetapi relatif murah kok,,,

Kategori :