Petugas Ronda Pergoki Aksi Pencurian Kotak Amal Masjid Baiturrahman

Selasa 28-11-2023,10:04 WIB
Reporter : Rudiansyah
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, KotaJambi – Petugas ronda RT 9 kelurahan Sungai Asam memergoki aksi pencurian kotak amal Masjid Baiturrahman pada Senin dinihari, 27 November 2023. Sebelumnya, para petugas ronda curiga karena melihat seorang pria tidak dikenal memasuki area Masjid yang terletak di kecamatan Pasar ini.

Petugas ronda pun melaporkan hal yang mencurigakan tersebut kepada ketua RT 9, Said Abdullah. Bersama sejumlah warga, Ketua RT langsung bergerak ke lokasi untuk menangkap pelaku. Karena suara warga terdengar oleh pelaku, akhirnya pelaku panik dan kabur dengan cara melompati tangga samping masjid. 

“Tadi malam adik ipar itu lagi ronda, dia melihat ada orang jalan dan langsung menuju aja masuk ke Masjid. Karena dia masuk dari samping melalui ada triplek itu dibukanya, adik ipar itu nelpon saya dan saya langsung keluar. Saya datang kesitu dan saya bilang ‘Hei keluar sudah saya kepung’, setelah dia dengar kami itu dia langsung meloncat dari tangga, kami sempat kejar tetapi dia cepat larinya. Kejadian pada jam 02.45 WIB dinihari. Belum sempat kami amankan, karena larinya kencang nian,” tutur Said Abdullah, ketua RT 9.

BACA JUGA:Pakai Linggis, Pelaku yang Bobok Kotak Amal Masjid Al Munawarah Larikan Uang Rp 1,7 Juta


Gunting Besi dan Topi Milik Pelaku Pembobolan Kotak Amal Masjid Baiturrahman-Rudiansyah-JambiTV

Aksi pelaku juga terekam kamera CCTV masjid. Terlihat pelaku menggunakan baju kaos berwarna biru muda dan celana jeans pendek. Pelaku juga terlihat tenang saat beraksi. Meletakkan gunting besi di tempat jamaah perempuan, lalu kembali lagi mengangkat kotak amal masjid.

Pelaku sudah sempat membobol kotak amal tersebut dan mengantongi uang yang ada. Hanya saja karena kepergok, pelaku mengembalikan uang tersebut dan kabur. Uang yang ada di dalam kotam amal tersebut ternyata tidak banyak, hanya sekitar Rp 27 ribu.

“Ada barang buktinya yang kita pegang sekarang, yaitu gunting besi sama topi nya. Uang sudah sempat dia masukan ke kantong, tetapi karena kita gerebek uang akhirnya ditinggalnya. Uang yang ada dalam kotak amal itu tidak banyak, karena hari Sabtu baru kita ambil uangnya. Yang jelas uang kertasnya hanya ada Rp 27 ribu,” jelas Said Abdullah.

BACA JUGA:Warga Pergoki Aksi Pencurian Seng di Talang Bakung, Pelakunya Warga Lubuk Linggau

Dilihat dari CCTV, warga menduga cara pelaku ini sama dengan pelaku yang juga pernah membobol kotak amal masjid Baiturrahman ini. Said Abdullah meyakini bahwa pelaku bukanlah warganya, merupakan dari luar lingkungan RT setempat.

“Kalau pada kehilangan yang pertama kemarin itu lumayan hilangnya sekitar Rp 400an ribu. Kalau dilihat dari cara dia ngambil kayaknya pelakunya sama antara kejadian pertama dan yang baru ini. Cuman yang pertama itu pelaku tidak bawa alat gunting besi. Kalau dilihat ciri-cirinya pelaku bukan warga sini, ini orang luar kayaknya,” pungkas Said.

Kategori :