Dampak Kemacetan Parah di Batanghari, Truk Angkutan Batubara Dilarang Beroperasi

Kamis 09-11-2023,09:17 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Suci Mahayanti

Jambitv.co, Batangahari - Akibat kemacetan panjang yang terus terjadi, truk angkutan batubara yang melintas di ruas jalan lintas Kabupaten Batanghari, akhirnya dilarang beroperasi untuk sementara waktu. Penghentian ini berlaku hingga proses perbaikan jalan selesai.

Dampak kemacetan panjang yang terus terjadi, di ruas jalan lintas sumatera, tepatnya di jalur Muara Bulian – Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari sejak pekan lalu, truk angkutan batubara yang melintas di ruas jalan tersebut, akhirnya dilarang beroperasi untuk sementara waktu.

BACA JUGA:Semakin Mengular, Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Batanghari

Kondisi ini diungkapkan oleh Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto. Dimana aktivitas truk angkutan batubara dihentikan selama lebih kurang satu pekan ke depan. Terhitung sejak Rabu 8 November sampai 14 November 2023. Kebijakan ini diberlakukan karena Balai Pelaksanaan Jalan Nasional atau BPJN Provinsi Jambi, meminta waktu untuk merampungkan proses perbaikan ruas jalan.

“Ya untuk sementara ini kita sarankan untuk stop dulu batubara. Kemarin kita koordinasi dengan BPJN, BPJN minta waktu dari tanggal 8 sampai tanggal 14 untuk dilakukan penyetopan batubara supaya pengerjaan perbaikan jalan di Sridadi itu fokus dan tidak ada gangguan lagi. Tapi tetap kita laksanakan buka tutup untuk antisipasi kemacetan,” jelas AKBP  Bambang Purwanto , Kapolres Batanghari.

BACA JUGA:Kemacetan Panjang di Batanghari Masih Terjadi, Begini Keterangan Kasat Lantas Polres Batanghari

Sebelumnya, proses perbaikan ruas jalan nasional seperti di kelurahan Sridadi, kecamatan Muara Bulian, dinilai menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan, karena harus dilakukan buka tutup jalur. Guna mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan panjang., personil kepolisian akan tetap siaga untuk mengatur lalu lintas. 

Selain aktivitas buka tutup jalur karena proses perbaikan jalan, kemacetan juga sempat dipicu karena beberapa unit kendaraan truk mengalami  kerusakan, dan banyaknya truk batubara yang parkir di bahu jalan .

Kategori :