Siti Abir Wulandari Resmi Menyandang Gelar Doktor Ilmu Pertanian Unja

Siti Abir Wulandari Resmi Menyandang Gelar Doktor Ilmu Pertanian Unja

--

Jambitv.co, Jambi- Siti Abir Wulandari secara resmi menyandang gelar Doktor Ilmu Pertanian di Universitas Jambi (Unja). Siti Abir berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul stratergi percepatan peremajaan kelapa sawit di Provinsi Jambi pada ujian prmosi doktor yang dilaksanakan pada Sabtu (6/07/ 2024) di Gedung pascasarjana Unja.

Siti Abir menjadi lulusan Program Studi Doktoral Ilmu Pertanian Unja dengan perolehan nilai ujian promosi doktor yang memuaskan.

Ia mampu mempertahankan disertasinya dihadapan penguji di antaranya penguji eksternal Prof.Dr. Arna Suryani, SE.MAk. Ak.CA. Kemudian penguji satu Prof. Dr. Ir. Suandi , M.Si., Penguji Kedua Prof. Dr. Ir. Edison, M.Sc., Penguji ketiga Dr. Ir. Ernawai, Hd. MP//

BACA JUGA:Gubernur Al Haris Lepas Parade Kapal Hias di Sungai Batanghari, Kemeriahan Festival Batanghari 2024

Usai dinyatakan lulus, Siti Abir Wulandari mengatakan disertasinya menjadi temuan baru atau strategi prioritas dalam upaya percepatan peremajaan kelapa sawit di Provinsi Jambi.

"Kita katahui saat ini di Jambi bantak memiliki tanaman sawir yang sudah tua dan butuh peremajaan. Sementara selama ini prosesnya berjalan lambat, sehingga perlu akselerasi atau strategi yang bisa membantu stakeholder atau pemangku kepentingan dalam mempercepaf peremajaan sawit-sawir tersebut," terang Siti Abir Wulandadi kepada Jambitv.co.

Untuk itu, ia berharap disertasi yang disusun ini dapat menjadi tolak ukur bagi stakeholder khususnya Dinas Perkebunan sebagai penyelenggara sehingga dapat diimplementasikan oleh petani-petani sawit di Provinsi Jambi.

"Harapan saya disertasi ini dapat menjadi tolak ukur atau acuan bagi pengampu kepentingan atau Dinas Perkebunan dalam mengambil kebijakan yang kemudian dapat digunakan oleh para petani-petani sawit," ungkap Siti Abir.

BACA JUGA:2024, 684 Warga Batanghari Terdata Mencari Pekerjaan

Lebih lanjut, terkait kelulusannya sebagai Doktor Imu Pertanian, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantunya dalam menuntaskan penelitiannya sehingga diuji dengan sukses dan lancar.

"Alhamdulillah ujiannya berjalan lancar dan sukses. Meskipun begitu saya tidak puas diri karena masih banyak saran dan masukan dari tim penguji yang harus saya maksimalkan di dalam disertasi saya," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama , Prof. Dr. Ir. Zulkifli Alamsyah, M.Sc selaku promotor dari disertasi Siti Abir mengatakan bahwa hasil penelitiannya sangat bagus karena merupakan database strategi percepatan peremajaan pada sawit di Provinsi .

"Strategi yang dihasilkan merupakan analisis data yang dilakukan secara bertahap sehingga disertasi ini akan sangat berguna bagi dinas teknis terutama Dinas Perkebunan dalam mengimplementasikan percepatan peremajaan sawit," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: