3 Desa di Taman Rajo Masih Terisolir, Ratusan Rumah Terendam Banjir

3 Desa di Taman Rajo Masih Terisolir, Ratusan Rumah Terendam Banjir

3 Desa di Taman Rajo Masih Terisolir, Ratusan Rumah Terendam Banjir-Yasri Nurhadi-JambiTV

Jambitv.co, MuaroJambi - 3 desa di Kecamatan Taman Rajo Muaro Jambi, masih terisolir dan terkepung banjir. Akibat terus meluapnya sungai batanghari. Menyikapi hal itu, pemerintah akan segera menyalurkan bantuan pangan dan fasilitas perahu. 

Banjir akibat meluapnya air sungai batanghari, membuat warga 3 desa, yakni Desa Dusun Mudo, Desa Rukam, dan Desa Sekumbung Kabupaten Muaro jambi, masih kesulitan untuk keluar dan masuk desa. Saat ini kondisi  di Desa Dusun Mudo, ada ratusan rumah warga dalam terendam banjir dan tak kunjung surut. 

BACA JUGA:Warga 3 Desa di Muaro Jambi Terisolir Akibat Akses Jalan Putus Diterjang Banjir

Kepala Desa Dusun Mudo Hipni mengatakan, sudah lama warganya menderita dan terisolir dari wilayah lain. Warga juga bersusah payah untuk keluar untuk beraktifitas. Tak hanya rumah dan jalan yang rusak diterjang banjir, namun puluhan hektar lahan pertanian dan perkebunan juga ikut tetendam.

“Sudah dua bulan lebih masyarakat desa dusun mudo dilanda banjir. Hal ini sangat menyulitkan perekonomian masyarakat, dikarenakan jalan akses kita dari kabupaten kota menuju desa lumpuh total 2 bulan lebih. Jadi masyarakat kami sangat kesulitan untuk perekonomian, dikarenakan jalan tersebut abrasi terkena banjir. Oleh karena itu kami harapkan kepada pihak terkait, Pemkab Muaro Jambi dan BPBD Provinsi Jambi untuk kiranya mau membantu kami dalam kondisi bencana banjir ini,” harap Hipni.

BACA JUGA:Banjir Terus Meluas Merendam 9 RT di Desa Muaro Jambi

Sementara itu PJ Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah mengatakan, untuk membantu warga terdampak banjir susulan ini, pihaknya akan segera memberikan bantuan pangan serta perbaikan jalan, kepada warga terdampak banjir di 3 desa di Kecamatan Taman Rajo.

“Nanti kita minta Kadis Kominfo menghubungi Kadis PU, untuk turunkan tim dulu. Jadi kita berbicara pakai data, nanti setelah itu baru saya ambil tindakan. Menurut prediksi BMKG bahwa hujan untuk periode ini semakin hari semakin sedikit volumenya, semakin berkurang. Dampak yang hari ini terjadi, banjir adalah kiriman dari Kerinci, Tebo, Bungo yang arahnya ada di Muaro Jambi. Saya akan minta kepala BPKAD sekaligus BPBD untuk turun ke lapangan, apa saja yang masyarakat butuhkan karena stok masih ada,” pungkas Bachyuni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: