Banjir Melanda Bungo, 40 Ribu Warga Sudah Mengungsi

Banjir Melanda Bungo, 40 Ribu Warga Sudah Mengungsi

Banjir Melanda Bungo, 40 Ribu Warga Sudah Mengungsi-Arief Rizal-JambiTV

Jambitv.co, Bungo – Bencana banjir melanda Bungo telah menrendam 16 kecamatan dari 17 kecamatan yang ada. Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Bungo mengklaim, 16 kecamatan yang terdampak banjir semuanya berada di dalam kawasan Daerah Aliran Sungai atau DAS.

Plt Kepala BPBD Bungo, Zainadi mengatakan, ada 14 ribu kepala keluarga lebih terdampak banjir dengan 51 ribu jiwa. Bahkan saat ini 40 ribu lebih warga telah telah mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

BACA JUGA:Banjir Menerjang Ratusan Rumah di Bungo, Timsar Evakuasi 2 Bayi dan Belasan Lansia

“Jumlah kecamatan yang sudah terdampak banjir ada 16 kecamatan dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Bungo. Banjir ini terdampak kepada 14 ribu Kepala Keluarga dengan jumlah 51.886 jiwa,” papar Zainadi, Plt Kepala BPBD Bungo. 

Zainadi menambahkan, bencana banjir ini mengakibatkan lumpuhnya perekonomian masyarakat di kecamatan tersebut. Bahkan laporan yang di terima,  ada 2 orang dinyatakan hilang akibat musibah banjir ini, pertama di kecamatan Rantau Pandan dan kedua dari kecamatan Tanah Tumbuh.

BACA JUGA:Puluhan Ribu Warga Bungo Terdampak Banjir, Pemkab Bungo Pertimbangkan Dirikan Dapur Umum

“Kemudian dari banjir tersebut melumpuhkan sejumlah sektor ekonomi. Dan juga ada korban jiwa 2 orang, 1 orang dari Rantau Pandan dan 1 orang dari Kecamatan Tanah Tumbu,” sebut Zainadi.

Selain itu, BPBD Bungo juga menerima informasi ada sejumlah ruas jalan di 3 kecamatan yang mengalami longsor. Bahkan dampak dari longsor tersebut membuat akses jalan terpaksa ditutup. 3 kecamatan yang terjadi longsor yaitu di kecamatan Bathin 3 Ulu, Kecamatan Rantau Pandan dan Kecamatan Pelepat. 

BACA JUGA:Ratusan Rumah di Muko-Muko Bathin VII Terendam Banjir, Warga Terjebak Dievakuasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id