Puluhan Ribu Warga Bungo Terdampak Banjir, Pemkab Bungo Pertimbangkan Dirikan Dapur Umum

Puluhan Ribu Warga Bungo Terdampak Banjir, Pemkab Bungo Pertimbangkan Dirikan Dapur Umum

Suasana Warga di Kabupaten Bungo Terkena Dampak Banjir--https//jambitv.disway.id/

Jambitv.co, Bungo - Bencana banjir yang melanda Kabupaten Bungo 2 hari terakhir, semakin meluas. Pasalnya anak sungai di Kabupaten Bungo tidak mampu menampung kiriman air dari hulu ditambah curah hujan yang tinggi.

Hal ini, membuat pemukiman warga di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) terendam banjir. Ketinggian air yang meggenangi rumah warga bervariasi, ada yang sebatas pinggang orang dewasa dan sebatas dada orang dewasa.

Bupati Bungo Mashuri mengaku, telah mendapatkan laporan jika 18 ribu Kepala Keluarga (KK) terdampak bencana banjir dan sekitar 35 ribu jiwa KK terdampak. Hingga mereka harus segera di evakuasi, dikhawatirkan genangan air meninggi dan mengancam nyawa mereka.

"Kita telah meminta bantuan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, dan juga pihak lainnya. Untuk membantu perahu karet, untuk memudahkan proses evakuasi," ungkapnya, Jum'at (22/12/2023).

Bukan hanya itu, Pemkab Bungo telah memerintahkan kepada Camat, Kelurahan dan Dusun untuk melakukan pendataan kepada warga yang terdampak banjir by name by adress. Untuk memudahkan pemberian bantuan, kepada korban bencana banjir.

"Kita akan pantau beberapa hari kedepan, bencana banjir. Jika meluas, akan di dirikan dapur umum," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: