KI Provinsi Jambi Gelar Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2023

KI Provinsi Jambi Gelar Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2023

KI Provinsi Jambi Gelar Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2023-Suci Mahayanti-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, Jambi - Komisi Informasi (KI) Provinsi Jambi menggelar acara malam penganugerahan keterbukaan informasi badan publik se-Provinsi Jambi tahun 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan monitoring dan evaluasi, atas pelaksanaan keterbukaan informasi pada badan publik di Provinsi Jambi.

Malam penganugerahan keterbukaan informasi badan publik se-Provinsi Jambi tahun 2023 ini, digelar pada Rabu malam (15/11) di salah satu hotel di Kota Jambi. Acara ini dihadiri Wakil Ketua Komisi Informasi RI Arya Sandiyudha, Gubernur Jambi, Ketua, Wakil dan seluruh jajaran KIP Jambi, serta Bupati Walikota Se-Provinsi Jambi. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan monitoring dan evaluasi, atas pelaksaan keterbukaan informasi pada badan publik di Provinsi Jambi.

BACA JUGA:Kota Jambi Hattrick Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Jambi Almunawar mengatakan, dari 180 badan publik yang disurati mengikuti monev ini, yang berhasil meraih predikat informatif ada 26 badan publik. Sedangkan menuju informatif ada 3 badan publik, dan 22 badan publik lainnya masih meraih cukup informatif. Sisanya masih kategori kurang informatif. Mereka dikelompokkan dalam 7 kategori, yaitu PPID utama 11 Kab, Kota, perangkat daerah Provinsi, BUMD, instansi vertikal Provinsi, instansi vertikal Kabupaten, SMA, SMK, dan Desa. Pada acara ini KI Provinsi Jambi, juga  memberikan penghargaan kepada salah satu tokoh masyarkat, yang telah berperan dalam mendorong keterbukaan informasi publik di Provinsi Jambi yakni Hasan Basri Agus.

BACA JUGA:Keterbukaan Informasi Publik, KI Lakukan Visitasi ke Bawaslu Jambi

“Kegiatan dilaksanakan oleh Komisi Informasi Provinsi Jambi, yang mana ini adalah merupakan tolak ukur dari setiap badan publik itu sendiri untuk mengukur kinerja dari keterbukaan informasi. Harapan kami kedepan dan semua badan publik baik itu tingkat Provinsi maupun Kabupaten Kota agar bisa berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan monev yang akan datang,” ujar Almunawar. 

Sementara itu Gubernur Jambi Al Haris mengapresiasi komisi informasi Provinsi Jambi, yang sukses menyelanggarakan acara ini. Acara ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur keberhasilan stakeholder dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Selain itu pemerintah juga harus memberikan informasi yang akuntabel dan berkualitas untuk disebarluaskan kepada masyarakat.

“Inikan adalah langkah kita untuk mencerdaskan dan ini juga langkah kita untuk mencerdaskan publik dalam melakukan informasi - informasi. Saya kira ini bagus sekali dan wujud dari sebuah pembangunan yang besar itu kalau dalam nya terjadi informasi yang baik,” tutur Al Haris.

Selanjutnya, Wakil Ketua Komisi Informasi RI Arya Sandiyudha mengatakan, bahwa yang menjadi indeks keberhasilan keterbukaan informasi bukan pada badan publik, melainkan pada masyarakat. Untuk itu dirinya berharap agar seluruh badan publik dapat memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat.

“Keterbukaan informasi publik ini besok di tingkat pusat itu akan mengadakan monitoring dan evaluasi, dan salah satu yang kita evaluasi adalah pemberitaan Provinsi. Komitmen ini juga saya kira akan sangat membantu proses penilaian ditingkat pusat di Provinsi Jambi,” pungkas Arya Sadiyudha. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: