Kabut Asap Jambi Pagi ini 18 Oktober 2023 Makin Pekat, Walikota Fasha Liburkan Sekolah

Kabut Asap Jambi Pagi ini 18 Oktober 2023 Makin Pekat, Walikota Fasha Liburkan Sekolah

Kabut Asap Jambi Pagi ini 18 Oktober 2023 Makin Pekat, Walikota Fasha Liburkan Sekolah-AdePutra-diskominfokotajambi

Jambitv.co, KotaJambi – Kondisi kabut asap Jambi pada pagi ini 18 Oktober 2023 terasa semakin pekat. Jarak pandang semakin terbatas dan mengganggu pernapasan. 

Untuk mengantisipasi bahaya kesehatan kepada para siswa, Wali Kota Jambi Syarif Fasha menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada masa kabut asap.

Dalam SE nomor 21/EDR/HKU/2023, berdasarkan laporan Gugus Tugas kesiapsiagaan dan kewaspadaan pencegahan dan pengendalian dampak kabut asap Kota Jambi. Serta hasil pemantauan alat stasiun Air Quality Monitoring System (AQMS) di stasiun Paal Lima Kota Jambi tanggal 17 Oktober 2023. Kecenderungan kualitas udara Kota Jambi dalam kategori TIDAK SEHAT.

BACA JUGA:Kabut Asap Jambi Kembali Pekat pada Selasa Pagi 17 Oktober 2023, Polusi Udara Terparah Nomor 4 di Indonesia

Menyikapi kondisi tersebut, maka Wali Kota Jambi memerintahkan agar Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara pembelajaran jarak jauh (Daring/Online), dari tanggal 18 s.d 20 Oktober 2023, dan siswa dirumahkan.

Selain itu, peserta didik, guru dan tenaga kependidikan juga dihimbau untuk memakai masker dalam beraktivitas, serta mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Pada poin ketiga Surat Edaran tersebut, menganjurkan semua pihak untuk membudayakan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

BACA JUGA:Warga Diminta Gunakan Makser, Dampak Kabut Asap di Tebo Mulai Mengganggu Pernapasan dan Jarak Pandang

Dan yang tak kalah penting, semua pihak dianjurkan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan/Puskesmas terdekat untuk mengantisipasi dampak gangguan kesehatan akibat kabut asap.

Meskipun para siswa dirumahkan, namun Pendidik dan tenaga kependidikan tetap diwajibkan hadir di satuan pendidikan masing-masing untuk memberikan pembelajaran jarak jauh (Daring/Online).

Kabut Asap Jambi Berada Pada Indeks 139 AQI US

Sementara itu, dari pantauan kondisi kualitas udara di Provinsi Jambi yang dikutip dari laman iqair.com. Kualitas udara seProvinsi Jambi pada Rabu Pagi, 18 Oktober 2023 berada di level 139 AQI US kategori tidak sehat. Pada peringkat polusi udara se-Indonesia, Jambi berada di urutan ke 7 terburuk kualitas udaranya. Untuk kualitas udara terburuk se-Indonesia masih terjadi di Palembang, Sumatera Selatan di angka 279 kategori sangat tidak sehat.

Sementara untuk di dalam Provinsi Jambi sendiri, untuk kualitas udara di Kabupaten Tanjung Jabung Timur menjadi yang terburuk di angka 162 AQI US kategori tidak sehat. Kemudian disusul Kabupaten Sarolangun di level 160 AQI US. 

Selanjutnya Kabupaten Merangin, Muaro Jambi dan Kabupaten Tebo berada di level 156 AQI US, kemudian Kabupaten Bungo di level 155 AQI US. 

BACA JUGA:Kabut Asap Semakin Pekat, Sekolah Diinstruksikan Tiadakan KBM Tatap Muka

Untuk Kota Jambi sendiri berada di level 154 AQI US Kategori tidak sehat. Kabupaten Batanghari di angka 152 AQI US dan Tanjung Jabung Barat di angka 123 AQI US. 

Untuk Kabupaten Kerinci dan Sungai penuh masih dalam kondisi aman dari kabut asap, karena berada level 114 AQI US kategori tidak sehat bagi kelompok rentan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv