Bupati Fadhil Arief Panen Padi Bersama Petani di Desa Pasar Terusan

Bupati Fadhil Arief Panen Padi Bersama Petani di Desa Pasar Terusan

Bupati Batanghari Fadhil Arief Panen Padi Bersama Petani-Pirdana-Jambitv

Jambitv.co, Batanghari - Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief, melakukan panen raya padi, di desa Pasar Terusan kecamatan Muara Bulian. Setidaknya, ada sekitar 36 hektar lahan padi di lokasi ini, yang telah memasuki usia panen.

Kegiatan panen raya padi oleh Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief bersama para petani di desa pasar terusan kecamatan Muara Bulian ini, digelar pada Kamis 7 september 2023. Kegiatan panen raya yang berlangsung di lahan persawahan kelompok tani kebun berambu ini, juga diikuti oleh jajaran pejabat di lingkup pemerintah daerah setempat.

Di kawasan ini, setidaknya ada sekitar 36 hektar lahan sawah padi milik 11 kelompok tani yang telah memasuki usia panen. Sementara dalam panen raya ini, bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengungkapkan, bahwa untuk satu hektar lahan yang telah di panen, petani berhasil mengumpulkan sekitar 6,6 ton gabah.

“Panen raya di desa Pasar Terusan, tadi kami coba panen sawah seluas satu hektar dan dapat hasilnya 6,6 ton. Nanti kami harapkan ditahun  kemudian akan lebih produktif lagi, sehingga bisa mendapatkan 8-10 ton. Dengan teknologi yang terus kita lengkapi bagaimana petani terus bersumberdaya dan ini sudah mulai nampak hasilnya, jadu ini penyuluh 127 orang yang kami angkat lebih produktif lagi. Ada satu yang kami khawatirkan agar ahli fungsi lahan jangan terjadi lagi” Ungkap Mhd. Fadhil Arief Bupati Batanghari.

Menurut bupati, hasil panen ini dinilai sudah cukup maksimal. Terlebih ditengah kondisi cuaca yang saat ini sedang dilanda kemarau. Orang nomor satu di bumi serentak bak regam ini juga mengaku, kegiatan ini dilakukan sebagai langkah untuk mendorong semangat para petani agar lahan persawahan mereka terus dimanfaatkan untuk penanaman padi, dan tidak di alih fungsikan.

Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief juga sedang berupaya untuk  membantu para petani, agar hasil panen atau produksi padi di daerah setempat dapat lebih maksimal lagi kedepannya. Sehingga dalam kegiatan panen raya ini, pemkab Batanghari juga menyerahkan bantuan peralatan pertanian berupa dua unit power tresher untuk kelompok tani Sungai Kiambang dan Lubuk Labi desa Pasar Terusan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: