Seekor Buaya di Batanghari Ditangkap Setelah Terjerat Perangkap Ikan Warga

Rabu 02-10-2024,09:58 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Suci Mahayanti

BATANGHARI, JAMBITV.CO - Terperangkap alat perangkap ikan yang dipasang warga di aliran sungai, seekor buaya ditangkap oleh warga Desa Tenam, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari. Buaya ini diketahui kerap muncul dialiran sungai tersebut pada saat malam hari.

Buaya tersebut dibawa dari aliran sungai desa setempat, pada Selasa pagi (1/10) sekitar pukul 07.00 WIB, setelah ditemukan masuk ke perangkap ikan tradisional yang terbuat dari rotan dan bambu. 

Seekor buaya yang memiliki panjang sekitar 1,5 meter ini, pertama kali ditemukan oleh Parizal. Awalnya, ia hendak melihat alat perangkap ikan miliknya yang telah dipasang diseberang aliran sungai Desa Tenam tersebut. 

BACA JUGA:Tersangkut Jaring Ikan, Seekor Buaya Ditangkap Warga Muara Bulian

Namun ketika alat tradisional itu akan diangkat, moncong buaya itupun terlihat. 

Parizal pun akhirnya langsung menutup pintu perangkap ikan tersebut dan kemudian dievakuasi menggunakan perahu ketek.

“Aku masang teban di seberang sana, tadi pagi aku lihat layangnya turun. Aku lihatlah pagi-pagi sekitar jam 7, lihat kesana aku kira ikan, pas aku lihat lain muncungnya, oh ini buaya aku pikir. Lalu aku bawa kesebrang sini, ” Kata Parizal.

Menurut Parizal, buaya ini diketahui kerap muncul dan terlihat oleh para pemancing ikan, terutama pada saat malam hari. 

BACA JUGA:Warga dan BKSDA Jambi Evakuasi Buaya Besar Ukuran 5 Meter Ke Dalam Truk

Lantaran khawatir nantinya dapat membahayakan warga, buaya tersebut rencananya akan diserahkan oleh Parizal ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), melalui pihak Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Batanghari. 

Kategori :