Tradisi Gebyar Suro di Kayu Aro Kerinci, Ribuan Warga Arak 8 Gunungan Sedekah Hasil Bumi

Sabtu 27-07-2024,10:22 WIB
Reporter : Dewi Wilona
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, Kerinci – Warga Desa Gunung Labu, kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci menggelar Tradisi Gebyar Suro. Tradisi ini membagikan berbagai hasil bumi kepada masyarakat. 

Dalam acara ini, dirangkai dengan acara Sedekah hasil bumi dimana semua hasil bumi warga desa Gunung Labu dikumpulkan dan disusun menjadi bentuk gunung. Gunungan kemudian diarak oleh ribuan warga, setelah diarak kemudian dibagikan kepada warga dengan cara rebutan. 

Gunungan Sedekah hasil bumi ini berisi buah-buahan dan sayur-sayuran yang merupakan hasil pertanian warga setempat. Ada 8 gunungan yang disiapkan warga sesuai dengan jumlah dusun di desa Gunung Labu. Gunungan ini diarak warga dengan bershalawat.

BACA JUGA:Pj Bupati Sarolangun Hadiri Kenduri Turun Batahun, Tradisi Adat Sebelum Menanam Padi


Warga berebut Gunungan Sedekah Bumi dalam Acara Gebyar Suro-Dewi Wilona-JambiTV

Suparman Ketua Panitia mengatakan, meskipun keadaan  petani saat ini masih sulit, namun ia bersyukur acara sadaqah hasil bumi dapat terlaksana dengan lancar dan antusias warga sangat tinggi.

Untuk diketahui, Sedekah hasil bumi merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan rezeki berupa hasil bumi untuk keberlangsungan hidup manusia. Sebagai penutup acara Gebyar Suro ini, dilanjutkan acara musik tradisional warga setempat yakni Kuda Kepang sampai larut malam.

BACA JUGA:Wisata Bukit Khayangan Negeri di Atas Awan Primadona Wisata Kota Sungai Penuh, Disini Rute Lokasinya !

“Walaupun keadaan petani saat ini cukup sulit, Alhamdulillah kita masih bisa sodakoh bumi, khususnya untuk masyarakat desa Gunung Labu. Alhamdulillah antusias warga luar biasa, pesertanya kita ada 8 Dusun,” ujar Suparman.

Kategori :