Warga Non Muslim Di Jambi Bantu Pengerjaan Hewan Qurban

Kamis 29-06-2023,07:59 WIB
Reporter : Doli Maulana
Editor : Doli Maulana

Jambitv.co,  Jambi. Inilah kegiatan qurban di hari raya Idul Adha tahun 2023 pada pelataran masjid At Taufiq Kelurahan Tehok, Kecamatan Jambi, Selatan Kota Jambi, Kamis (29/6/2023).

Di sini warga Non Muslim dan warga Muslim bahu membahu menguliti hewan qurban yang telah selesai disembelih oleh Ustadz yang ditetapkan panitia. sebagian orang Non Muslim juga bertugas menjaga keamanan dan kebersihan.

Di sini juga pengerjaan hewan qurban menggunakan alat tradisional dan alat modern, sehingga pengerjaan lebih cepat dan hemat tenaga.

Diantaranya disini ada alat berbentuk ruangan persegi empat, difungsikan untuk merebahkan hewan qurban lebih cepat dan sebagai antisipasi hewan lepas saat akan direbahkan maupun saat rebah.

Yaitu penggunaannya, hewan diikat lalu dimasukan ke alat ini, lalu di dorong ke tempat penyembelihan, selanjutnta pengikat dilepas dan siap dikuliti.

Di tempat ini pun menggunakan mesin pemotong tulang, sementara itu alat tradisional yang masih dipakai berjenis pisau dan batu pengasah yang dipergunakan untuk menguliti.

hal ini dibenarkan oleh salah seorang paniti qurban, Edward.

"Kita pakai semua alat yang sudah sesuai standar dan pengerjaannya cepat. Di sinipun Warga Non Muslim dan warga Muslim bersatu mengerjakan seluruh kegiatan qurban," kata Edwar.

Dua belas ekor sapi dan satu ekor kambing dalam kurun waktu 3 jam selesai dikerjakan dan berhasil dibagikan panitia kepada warga, sebagaimana yang telah ditentukan.

Tags :
Kategori :

Terkait