Cara Membuat Kue Klepon Untuk Sajian Menu Berbuka Puasa Ala Rositah

Kamis 28-03-2024,09:46 WIB
Reporter : Arief Rizal
Editor : Ade Putra

JAMBITV.CO - Kue Klepon menjadi salah satu takjil favorit saat berbuka puasa, pasalnya kue ini sangat manis karena ada gula aren di dalamnya. Dibungkus adonan kue bewarna hijau dan ditaburi kelapa yang sudah di parut, membuat kue Klepon banyak dicari para pemburu takjil.

Namun bagi yang tahu cara membuatnya, tentu lebih asik membuat sendiri ketimbang harus rebutan takjil di pasar bedug. Salah seorang ibu rumah tangg, Rositah akan mengajarkan secara singkap cara membuat Kue Klepon dan proses memasaknya. 

Untuk Bahan-bahan menggunakan : 

Kelapa

Gula Aren

tepung ketan

Pewarna Makanan

BACA JUGA:Cara Membuat Donat Enak dan Lembut

Proses pembuatannya, awalnya tepung dimasukkan ke dalam wadah dan diberikan air secukupnya. Lalu tepung diaduk menggunakan tangan hingga terbentuk adonan. Jika dinilai sudah cukup, barulah diberikan pewarna makanan agar Kue Klepon nantinya lebih menarik. 

Sebelum adonan dibentuk seperti bola, masukkan gula aren ke dalam adonan dan selanjutnya dibuat bulat seperti bola pingpong. Setelah itu semua selesai, masak air hingga mendidih lalu masukkan kue klepon ke dalamnya. Kemudian biarkan kue tersebut sampai naik ke permukaan air yang menandakan kue telah matang.

BACA JUGA:Mengenal Gulai Tekuyung Kuliner Tradisional Khas Sarolangun dan Merangin, Berikut Bahan dan Cara Membuatnya!!!

“Kue Klepon terbuat dari tepung ketan, gula merah sama garam sedikit. Untuk pewarnanya kita pakai pewarna makanan yang aman dan juga kelapa. Proses memasaknya sekitar 20 menit lah dari awal,” ujar Rositah.

Setelah Kue Klepon diangkat, biarkan kue dingin terlebih dahulu. Lalu ditaburkan kelapa yang telah di parut secara merata. Proses pembuatan kue pun selesai dan siap disantap untuk berbuka puasa.

Kategori :