Bertemu Sopir Truk Batu Bara, Gubernur Al Haris Tegaskan Langkahnya Untuk Memberi Pelajaran Pengusaha

Senin 08-01-2024,15:15 WIB
Reporter : Ade Putra
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, Jambi – Pasca Gubernur Jambi AL Haris menerbitkan Instruksi Gubernur yang melarang angkutan batu bara melewati jalan nasional dan lebih mengarahkan ke jalur sungai. Gelombang protes terhadap keputusan gubernur tersebut datang dari kalangan para sopir batu bara. Ancaman unjuk rasa berkali-kali dilontarkan para sopir angkutan batu bara melalui media sosial.

Menanggapi protes tersebut, Gubernur Jambi Al Haris akhirnya menerima perwakilan dari sopir angkutan batu bara pada di rumah dinasnya pada Minggu sore, 7 Januari 2024. Dalam pertemuan tersebut, asosiasi sopir batu bara mencecar Gubernur dan meminta Al Haris segera mencabut larangan operasional angkutan batu bara. 

BACA JUGA:Kecewa Tak Ditemui Gubernur Al Haris, Pendemo Ancam Akan Bawa Massa Lebih Banyak ke Rumah Dinas Gubernur

“Apa Bapak tega, itu 5.000 sopir batu bara pak. Rata-rata pak itu rumah mereka ngontrak pak. Saya minta, minta dengan sangat dengan pak Gubernur, tolong kebijakannya lah menjelang hari raya ini pak, hauling ini dibuka pak,” ujar salah seorang sopir batu bara di dalam pertemuan tersebut.

Mendengar pernyataan sopir tersebut, Gubernur Jambi AL Haris menegaskan, bahwa kalau dirinya dituding tega, sudah lama ditutup angkutan batu bara yang memakai jalan nasional ini. Namun hal tersebut tidak dia lakukan karena memikirkan nasib para sopir batu bara. Namun saat ini, kebijakan tersebut terpaksa dia ambil sebagai pelajaran kepada para pengusaha batu bara.

“Kalau aku tega lah lamo aku tutup. Waktu rapat RDP di Jakarta, tidak ada solusi, Komisi 5 menyerang sayo semua. Tetapi aku diam, tetap aku persilahkan kalian beroperasi. Padahal perintah RDP itu tutup pak Gubernur, tidak boleh lewat jalan nasional, tidak ada aturannya itu kata Komisi 5,” jelas Al Haris.

BACA JUGA:Angkutan Batu Bara di Jalan Umum Dihentikan, Sopir Akan Diberikan BLT Selama 3 Bulan

Gubernur Al Haris juga menegaskan, langkah menghentikan angkuta batu bara lewat jalan nasional adalah ketegasan pemerintah untuk membuat jera para pengusaha batu bara yang selama ini tidak kompak menyelesaikan jalan khusus angkutan batu bara.

“Sayo ini mikirin jangka panjang, sayo ini sayang kamu ini orang Jambi semua, anak buah sayo semuanya. Dulu waktu rapat di DPR RI itu, tidak ado alasan lain, itu kata DPR RI dak boleh pak Gubernur. Komisi 5 bilang dak boleh pak gubernur pakai jalan nasional, disitu jugo ado dari kementerian lengkap, tapi saya pejam-pejam mato, dak mau sayo, sayo talak i be. Diantaro kamu sopir batubara ini ado jugo sanak aku, banyak, dak sampai hati aku tutup. Cuman pertanyaanyo, sampai kapan jambi ini. Kito nak buat jero para pengusaha ini,” tegas Al Haris.

“Dio keenakan pengusaha ini, jujur bae, yang macet-macet, yang saro kamu jugo di lapangan dio idak. Itulah kondisinya, paling tidak hari ini pengusaha-pengusaha itu lagi mikir apo langkah-langkahnyo. Inilah ceritonyo, kito tengok dulu reaksi pengusaha-pengusaha batu bara ini, itulah niat sayo,” pungkas Gubernur Al Haris dihadapan semua sopir batu bara.

Kategori :